Home / Ekonomi

Kamis, 2 Februari 2023 - 12:50 WIB

Sepekan Ini Banjir Ikan Tongkol Murah

Pembeli ikan tongkol hitam di Pasar Kuala Mempawah, Kamis (2/2/2023)

Pembeli ikan tongkol hitam di Pasar Kuala Mempawah, Kamis (2/2/2023)

Mempawah. Hampir sepekan terakhir ini Pasar Ikan Kuala Mempawah, Kabupaten Mempawah, diserbu pembeli. Ratusan kilogram ikan tongkol hitam berharga murah, laris terjual dalam sehari.

Pantauan Pontianak Times, Kamis (2/2/2023), banyak warga setempat dan dari Kecamatan Pinyuh yang berdatangan untuk membeli ikan tongkol hitam.

Salah seorang warga Kecamatan Sungai Pinyuh, Erni (31) yang ditemui sedang memilih ikan tongkol hitam, mengaku puas dengan harga yang murah.

“Ikan tongkolnya segar dan harganya pun murah. Tiga hari lalu saya beli Rp16 ribu perkilogram dan hari ini saya beli lagi. Ada yang harganya Rp20 ribu sampai Rp22 ribu perkilonya,” ujar Erni.

Harga jual ikan tongkol di Pasar Ikan Kuala Mempawah memang turun dalam beberapa hari terakhir ini. Penyebabnya, banyak ikan lokal dan tingginya pasokan ikan dari luar kabupaten seperti dari Kota Pemangkat.

Salah seorang pedagang ikan, Rizky Ramadhan yang akrab disapa IkyPai mengatakan, penjualan ikan ludes terjual. “Alhamdulillah hampir sepekan ini penjualan ikan tongkol hitam ludes terjual. Pembelinya, bukan hanya warga setempat, melainkan warga dari luar juga membeli ke Pasar Ikan Kuala Mempawah,” ujar IkyPay

Para pembeli itu, kata dia, ada yang untuk konsumsi sehari-hari, dan ada pula yang untuk dijual kembali. “Tiga hari lalu bahkan sempat di harga Rp16 ribu perkilonya. Omset yang didapat pun cukup untuk menutupi kebutuhan sehari-hari,” ujar IkyPay.

Melimpahnya ikan tongkol hitam ini sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kecukupan gizi. Seperti diketahui, mengonsumsi ikan jenis ini dapat meningkatkan kesehatan jantung pada orang dewasa.

Lemak tak jenuh ganda yang terkandung dalam ikan tersebut bermanfaat untuk menyehatkan jantung dan mengurangi tingkat kematian akibat penyakit kardiovaskular. Selain itu, mencegah gangguan otak, anemia dan obesitas.

Penulis: Rizki Firnanda

Share :

Baca Juga

Muhammad Fahmi

Ekonomi

Tanaman Kratom Perlu Dukungan Regulasi
JNE Goll Aboarsi

Ekonomi

JNE Ajak Optimalisasi Bisnis Online
Dodol Nanas GPR Sambas

Ekonomi

Dodol Nanas Gapura, Bikin Anda Ketagihan
Transformasi Digital

Ekonomi

Tips Taklukkan Transformasi Digital 2023
Pencari Kepiting

Ekonomi

Pencari Kepiting di Ujung Negeri
Penjual Takjil Ramadan

Ekonomi

Untung Jual Takjil di Bulan Penuh Berkah
Seruan aksi petani sawit

Ekonomi

Aksi Damai FPMS Protes Harga Sawit Anjlok
Penyerahan STDB

Ekonomi

Bupati Kubu Raya Serahkan STDB 500 Petani Sawit Swadaya
error: Content is protected !!