Home / Peristiwa

Kamis, 29 September 2022 - 15:58 WIB

Ratusan Pedagang Pasar Demo Tolak Investor

Para pedagang Pasar Beringin berdemo di halaman Kantor DPRD Kota Singkawang, Rabu (28/9/2022)

Para pedagang Pasar Beringin berdemo di halaman Kantor DPRD Kota Singkawang, Rabu (28/9/2022)

Singkawang. Ratusan pedagang Pasar Beringin Singkawang demo tolak revitalisasi didanai investor. Mereka mendukung jika didanai APBD atau APBN karena berpengaruh pada harga sewa mahal, Rabu (28/9/2022).

Para pedagang mengarahkan demo ke Gedung DPRD Singkawang. Mereka mengharapkan Dewan mengakomodir aspirasi keberatan mahalnya sewa ruko dan los yang akan diberlakukan investor pihak ketiga, PT Rezeki Timur Laut milik Sarkawi Lim.

“Kami sangat setuju adanya revitalisasi yang akan dilakukan di Pasar Beringin. Tetapi keberatan jika melibatkan pihak investor karena penetapan harga sewa los dan ruko terlalu tinggi,” kata Nasikhi Koordinator aksi damai yang juga Ketua Forum Komunikasi Pedagang Pasar Beringin (FOKPABES) Singkawang.

Nasikhi saat menyampaikan aspirasi para pedagang menjelaskan agar revitalisasi Pasar Beringin menggunakan APBD agar harga sewa sesuai kemampuan para pedagang, dapat lebih murah. “Kami mendukung revitalisasi, tapi jangan lewat investor karena kami akan berat,” kata Nasikhi.

Hal sama dikemukakan Dekhi Armadhani S, Penasehat FOKPABES yang menjelaskan para pedagang pasar beringin menolak revitalisasi pasar beringin yang didanai investor. “Kami berharap revitalisasi dikelola dan didanai APBN atau APBD,” kata Dekhi seraya berharap DPRD Kota Singkawang mau mendegar suara hati para pedagang.

Diterima DPRD

Setelah para pendemo orasi di halaman Kantor DPRD Singkawang, mereka kemudian masuk ke ruang sidang utama DPRD dan diterima langsung Pimpinan serta Anggota DPRD Kota Singkawang.

“Aspirasi ini dalam waktu dekat akan segera kami sampaikan kepada pihak Pemerintah Kota Singkawang,” kata Sumberanto Tjitra, Wakil Ketua DPRD Kota Singkawang saat menerima para pendemo.

Sumberanto sepakat dengan para pedagang yang menginginkan agar revitalisasi Pasar Beringin menggunakan anggaran pemerintah melalui APBD ataupun APBN.

Setelah penyampaian aspirasi, pendemo dengan tertib membubarkan diri. Seluruh rangkaian demo kali ini mendapat pengawalan dan pengamanan dari aparat gabungan Polri dan TNI. Kapolres Singkawang, AKBP Arwin Amrih Wientama dan Dandim Kota Singkawang, Letkol Kav I Nyoman Artawan, turut memantau jalannya aksi demonstrasi.

Demo kali ini adalah murni dari para pedagang dan telah menjawab simpang siur atas rencana demo sebelumnya yang digembar gemborkan oleh kelompok lain. Ternyata demo tersebut hanya isapan jempol belaka dengan propaganda mengerahkan seribu lebih pendemo.

Seperti diketahui, revitalisasi Pasar Beringin Singkawang baru memasuki tahap peletakkan batu pertama oleh Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie, Rabu (17/8/2022). Pada momen itu hadir komisaris PT Rezeki Timur Laut, Sarkawi Lim.

Pihak investor juga sudah menyiapkan relokasi pedagang di Terminal Bengkayang di Jalan Kurau Singkawang dengan kondisi alakadarnya. Belakang justeru beredar brosur berisi site plan dan daftar harga yang dikeluarkan Marsar Group. (rdo)

Share :

Baca Juga

Perahu Nelayan di Sungai Pinyuh Mempawah

Peristiwa

Cuaca Ekstrem, Nelayan Enggan Melaut
Banjir Hebat Singkawang

Peristiwa

Singkawang Kembali Diterjang Banjir Hebat
Intercept korban kapal tenggelam

Peristiwa

Kapal Pengangkut Semen Tenggelam
Balik Mudik Presisi 2023

Peristiwa

Balik Mudik Gratis Presisi 2023 Mempawah
pontianak-times.co.id

Peristiwa

Mengapa Massa Membenci Ade Armando?
Jumat Curhat

Peristiwa

Polsek Sungai Raya Gelar Jumat Curhat
Ketua Dewan Pers

Peristiwa

Final, Draf Perpres Media Berkelanjutan
Prajurit Kodim 1208 Sambas

Peristiwa

Prajurit Kodim 1208 Latihan Menembak
error: Content is protected !!