Home / Sport

Sabtu, 26 Juni 2021 - 14:14 WIB

Prediksi EURO 2021 Belanda versus Ceko

Vladimir Darida, Kapten Timnas Republik Ceko dalam unggahan fotonya di instagram saat memperkuat klub Herta Berlin.

Vladimir Darida, Kapten Timnas Republik Ceko dalam unggahan fotonya di instagram saat memperkuat klub Herta Berlin.

Puskas Arena Budapest, Hongaria, akan menjadi saksi pertandingan sengit dua tim raksasa Eropa, Belanda versus Republik Ceko, Minggu (27/6/2021) pukul 23.00 WIB. Laga yang sangat dinantikan para penggila bola pada EURO 2021 ini setidaknya pengulangan pertemuan ke-6 di beberapa event pertandingan.

Tim Belanda sering disebut-sebut “kuda hitam” di EURO 2021 meskipun tidak diunggulkan untuk menjuarai turnamen kali ini. Para pemainnya memang banyak yang merumput di tim-tim elit eropa dan memiliki kekompakan tim di segala lini. Skuad asuhan Frank de Boer ini telah berhasil mengumpulkan 8 gol dan hanya 2 kali saja kebobolan dan menjuarai di penyisihan grup  C dengan poin 9.

Belanda melaju ke babak 16 besar dengan tiga kemenangan tanpa kalah di penyisihan grup. Menang 3-2 dari Polandia di laga pertama, menang 2-0 dari Austria dan 3-0 dengan menaklukkan Makedonia Utara. Sementara, Republik Ceko lolos ke babak 16 besar dengan modal peringkat tiga terbaik. Mereka memiliki 4 poin, atau sama dengan Kroasia, tapi kalah dalam jumlah gol sehingga berada di posisi ketiga di bawah Kroasia.

Penampilan Republik Ceko juga tidak kalah hebat. Mereka berada dalam grup neraka yang diisi Inggris, Kroasia dan Skotlandia. Ceko mampu mengalahkan Skotlandia 2-0 di laga pertama. Kemudian berhasil menahan imbang Kroasia 1-1, yang akhirnya kalah tipis 0-1 dari Inggris di laga terakhir fase Grup D.  

Baca juga:  Pertahanan Swiss Jebol Digedor Matador

Di babak 16 besar EURO 2021 kali ini, sekali lagi Republik Ceko akan diuji oleh Belanda. Ceko memang tidak diunggulkan, namun sejarah kemenangan Ceko akan memompa semangat tim dalam menghadapi Belanda. Dari lima pertandingan melawan Belanda sebelumnya, Ceko unggul head to head sebanyak tiga kali.

Yang menarik adalah, Belanda selalu kalah oleh Ceko dalam Piala Eropa. Belanda hanya mampu menang saat gelaran piala dunia saja. Nah, pertandingan kali ini juga adalah kali ke 4 pertemuan mereka di EURO. Namun hasil mentereng tim Belanda di EURO kali ini seakan akan sebuah tanda pembalasan kekalahan yang selalu dideritanya di Piala Eropa atas Ceko.

Jika dilihat dari rekor gol Belanda di penyisihan grup yang selalu menang dengan goal rata rata diatas 2, diprediksi akan berjuang habis habisan melawan Ceko. Disamping itu, para pemain Belanda saat ini ada dalam posisi mode ‘onfire’.

Dan tentu saja kolektivitas tim Ceko yang diasuh oleh mantan pemain defender, pelatih gaek Jaroslav Silhavy akan bermain dengan gaya cepat dan mengandalkan serangan balik. Ini diprediksi akan mampu menahan serangan Belanda hingga perpanjangan waktu dengan skor imbang. Tak menutup kemungkinan ditentukan pada babak pinalti.

Berikut ini sejarah pertemuan kedua tim: 19 Juni 2004: Belanda 2-3 Republik Ceko (UEFA European Championship), 08 September 2004: Belanda 2-0 Republik Ceko (FIFA World Cup). 08 Oktober 2005: Republik Ceko 0-2 Belanda (FIFA World Cup), 09 September 2014: Republik Ceko 2-1 Belanda (UEFA European Championship). 13 Oktober 2015 Belanda 2-3 Republik Ceko (UEFA European Championship).

Baca juga:  Indonesia Masih Berpeluang Masuk Final Piala Asia 2023

Daftar Pemain Timnas Republik Ceko: Vladimir Darida (Kapten), CekoTomas Vaclik, Ales Mandous, Jiri Pavlenka, Pavel Kaderabek, Ondrej Celustka, David Zima, Vladimir Coufal, Tomas Kalas, Ales Mateju, Jan Boril, Tomas Holes, Jakub Brabec, Antonin Barak, Lukas Masopust, Petr Sevcik, Jakub Jankto, Tomas Soucek, Alex Kral, Jakub Pesek, Michal Sadilek, Patrik Schick, Tomas Pekhart, Michael Krmencik, Matej Vydra, Adam Hlozek.

Daftar Pemain Timnas Belanda: Georginio Wijnaldum (Kapten), Maarten Stekelenburg, Tim Krul, Marco Bizot, Joel Veltman, Matthijs De Ligt, Nathan Ake, Owen Wijndal, Stefan De Vrij, Patrick van Aanholt, Daley Blind, Denzel Dumfries, Jurrien Timber, Ryan Gravenberch, Marten De Roon, Davy Klaaassen, Frenkie De Jong, Teun Koopmeiners, Steven Berghuis, Wout Weghorst, Memphis Depay, Quincy Promes, Donyell Malen, Luuk De Jong, Cody Gakpo.  

Skema Pertandingan 16 Besar EURO 2021: Minggu 27 Juni 2021 (02:00) Italia vs Austria, (23:00) Belanda vs Republik Ceko. Senin 28 Juni 2021 (02:00) Belgia vs Portugal, (23:00) Kroasia vs Spanyol. Selasa 29 Juni 2021 (02:00) Prancis vs Swiss, (23:00) Inggris vs Jerman

Penulis : Richard PS

Editor : R. Rido Ibnu Syahrie

Share :

Baca Juga

Defile kontingen NPC Kalimantan Barat pada acara Pembukaan Peparnas XVI, Jumat (5/11/2021) malam di Stadion Mandala Jayapura

Sport

Peparnas Dimulai, Kalbar Siap Bertanding
Greysia Polii

Sport

Greysia Atlet Andalan Indonesia Gantung Raket
Tim Bola Voli Polresta Pontianak lawan Tim Bola Voli Polres Sanggau

Sport

Tim Putra Voli Polresta Pontianak Unggul

Sport

Meriah! Funbike dan Jalan Santai HDKD 77
Atlet disabilitas Kalbar di ajang APG XI Solo

Sport

Atlet Disabilitas Kalbar Sumbang 12 Medali APG XI
Ketua Pengprov IMI Kalimantan Barat, Yuliansyah.

Sport

IMI Kalbar akan Laksanakan Vaksinasi Gratis
Mustaat Saman

Sport

Norsan Protes Baliho, Ini Penjelasan NPCI Kalbar
Abdul Hadi atlet para angkat besi

Sport

Atlet Angkat Berat NPCI Kalbar Raih Perak di ASEAN Para Games
error: Content is protected !!