Home / Edukasi

Selasa, 21 Februari 2023 - 00:28 WIB

Pius Kobarkan Semangat Aldera di Pontianak

Peserta yang hadir dalam Kuliah Umum dan Bedah Buku Aliansi Demokrasi Rakyat (Aldera), Jumat (17/2/2023) di Auditorium Untan

Peserta yang hadir dalam Kuliah Umum dan Bedah Buku Aliansi Demokrasi Rakyat (Aldera), Jumat (17/2/2023) di Auditorium Untan

Pontianak. Anggota VI Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Dr Pius Lustrilanang berkeliling Indonesia mengobarkan semangat Aldera. Tak terkecuali Kota Pontianak, Jumat (17/2/2023) di Auditorium Universitas Tanjungpura.

Para akademisi, kepala daerah, politisi hingga legislator hadir dalam Kuliah Umum dan Bedah Buku Aldera (Aliansi Demokrasi Rakyat); Potret Gerakan Politik Kaum Muda 1993-1999 yang disampaikan Pius.  

Pius merupakan salah seorang tokoh sentral yang ada dalam buku tersebut. Ia menceritakan bagaimana pergerakan Mahasiswa 1998 dalam memberikan perlawanan terhadap rezim otoritarianisme Orde Baru hingga kejatuhan Soeharto.

Buku tersebut mengupas gerakan pemuda progresif yang mulai aktif sejak 1990 melalui gerakan pembelaan kepada petani dan pemuda. Kemudian mencapai puncaknya pada perjuangan politik dalam mengakhiri otoritarianisme Orde Baru, berganti dengan reformasi 1998.

Kuliah umum dan Bedah Buku dengan narasumber langsung Pius Lustrilanang tersebut mendapat sambutan hangat dari berbagai kalangan yang hadir langsung. “Dari kegiatan itu, banyak menambah wawasan kita. Bagaimana semangat gerakan politik membawa perubahan,” kata Ketua DPRD Sambas Abu Bakar, Senin (20/2/2023).

Menurut Abu Bakar, gerakan perubahan harus menjadi perhatian bersama, sehingga dapat mengawalnya menjadi perubahan yang sesuai harapan dan berada di jalur yang baik bagi kemajuan bangsa dan negara.

Salut

Gubernur Kalbar Sutarmidji, hadir memberikan sambutan dalam Kuliah Umum dan Bedah Buku Aldera tersebut dan menyatakan salut kepada Pius Lustrilanang sebagai salah seorang pelaku perubahan politik di Indonesia.

“Saya angkat topi kepada pak Pius sebagai pelaku langsung. Anak muda sekarang harus bisa mengawal hasil reformasi untuk Indonesia yang lebih baik, jangan berdiam diri jika terjadi penyimpangan, namun tetap memahami aturan,” kata Sutarmidji yang juga pernah aktif mengajar di kampus ini.

Sutarmidji merekomendasikan buku Aldera untuk dibaca, terutama oleh kaum muda sebagai bekal perjuangan hingga meniti karir di dunia politik. “Buku ini bisa menjadi referensi dan semangat dalam meniti karir di bidang politik,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara itu antara lain Rektor Universitas Tanjungpura Pontianak, Prof Dr Garuda Wiko, dan Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Kalbar Wahyu Priyono.(edo/rdo)

Share :

Baca Juga

Edukasi

Dewan Pers Dorong Verifikasi Media Massa
Pembukaan MIC di Singkawang

Edukasi

Kain Bintang Raya Singkawang Masuk KI
Mou Usaid Segar

Edukasi

CU Keling Kumang dan HKD Bermitra dengan USAID SEGAR
Pelatihan Tajwid dan Rasm

Edukasi

Warga Antusias Berlatih Tajwid dan Rasm
Angelina Fremalco

Edukasi

Perda Perladangan Beri Kepastian Hukum
Maman dan Pengurus Masjid Alfurqon Mempawah

Edukasi

Kupas Ayat 261, Pertama Maman di Mimbar
Lokakarya virtual isntitute kajian kebangsaan

Edukasi

Cegah Degradasi Kebangsaan di Pemilu 2024
pontianak times

Edukasi

10 Calon Rektor IAIN Pontianak Adu Visi Misi
error: Content is protected !!