Home / Peristiwa

Selasa, 11 Juni 2024 - 00:32 WIB

Ini Awal Mula 14 Ruko Pasar Sambas Terbakar

Ruko di Pasar Sambas yang terbakar, Senin (10/6/2024)

Ruko di Pasar Sambas yang terbakar, Senin (10/6/2024)

Sambas. Jajaran Polsek Sambas tengah menyelidiki penyebab awal terbakarnya 14 Ruko di Pasar Sambas, Senin (10/6/2024) malam.

Kapolres Sambas melalui Kapolsek Sambas Kompol Dicky Zulkarnain menjelaskan pihaknya melakukan penyelidikan dari kejadian tersebut. Hasil penyelidikan sementara, asap pekat diikuti percikan api dan ledakan berasal dari Ruko Alumunium Sambas.

Menurut Dicky, dari hasil keterangan saksi-saksi ditemukan fakta Toko Dunia Alumunium Sambas saat kebakaran dalam keadaan tutup, dan tak berpenghuni. “Saksi menerangkan sekira pukul 18.00 WIB melihat ada asap yang keluar dari atas atap bangunan ersebut,” kata Dicky.

Saksi lainnya menerangkan pada jam yang sama saksi sedang berjualan di depan Toko Dunia Alumunium mendengar ledakan satu kali dari dalam bangunan Ruko tersebut. Selanjutnya melihat ada asap yabg keluar dari atap bangunan Ruko itu.

Saksi kemudian menelpon Emon, pemilik Ruko dan sekira pukul 18.20 WIB Emon datang untuk mengecek. Saat pintu dibuka, terlihat dalam toko tersebut telah dalam keadaan terbakar.

Baca juga:  Truk Bermuatan Pupuk Amblas di Depan Mapolres Mempawah

Selanjutnya warga dan pihak Badan Pemadam Kebakaran Sambas datang untuk melakukan pemadaman. Api selanjutnya semakin membesar dan menjalar ke bangunan toko lainnya, sehingga mengakibatkan bangunan Ruko lainnya ikut terbakar.

100% Terbakar

Jumlah Ruko yang terbakar sementara ini berjumlah 14 unit, berada satu blok di sebelah kiri dan kanan Ruko Dunia Alumunium Sambas. Keadaan Ruko yang terbakar rata-rata mencapai kondisi 100% terbakar. “Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Kerugian materil belum dapat diperkirakan,” kata Dicky.

Diberitakan sebelumnya, Api mengganas melahap Ruko (Rumah Toko) Pasar Sambas yang terletak di Jalan Gusti Hamzah, Sambas, Senin (10/6/2024) pukul 18.15 WIB.

Hingga dua jam berlalu sejak kebakaran terjadi, api belum berhasil dijinakkan. Mobil Badan Pemadam Kebakaran (BPK) terus berdatangan untuk memadamkan api yang terus merembet membakar deretan ruko.

Baca juga:  Mayat Warga Tambora Ditemukan di Pondok

Hawa panas mulai menyebar di sekitar lokasi dalam radius sekitar 20 meter. Sebanyak 10 Ruko telah terbakar berdasarkan pantauan media ini hingga pukul 20.15 WIB. Api masih sulit ditaklukkan dan terus merembet ke ruko-ruko lainnya di pasar tersebut.

Data Ruko yang Terbakar
  • 1. Ruko Andalas 2
  • 2. Ruko mandiri.
  • 3. Ruko Dunia Aluminum
  • 4. Ruko Andalas Grosir
  • 5. Ruko Sempurna.
  • 6. Ruko Sinar Mas.
  • 7. Ruko Mas Itali 
  • 8. Ruko Lion
  • 9. Ruko Lemon
  • 10. Ruko Cemerlang
  • 11. Ruko Bintang timur
  • 12. Ruko Yasonta
  • 13. Ruko Kilat
  • 14. Ruko Star motor

Penulis: Hendra Firmansyah I Update Berita, ikuti Google News

Share :

Baca Juga

Aksi massa mahasiswa Ketapang

Peristiwa

Alasan BBM Naik Tidak Masuk Akal
Bripka Frengky

Peristiwa

Bripka Frengky Nihil Catatan Buruk
Warga berkerumun di Muara Ulakan Sambas

Peristiwa

Dendi Tenggelam di Muara Ulakan Sambas
Tim SAR di Sungai Nanga Potan

Peristiwa

Rakit Tabrak Kayu di Nanga Potan, Korban Dalam Pencarian
Atap kanopi untuk sarana pejalan kaki di areal bandara Supadio ambruk dihantam angin puting beliung, Jumat (18/11/2022) siang

Peristiwa

Puting Beliung Hantam Bandara Supadio
Jokowi dan Steinmer

Peristiwa

70 Tahun Ultah Diplomatik Indonesia-Jerman
Gempa Yogya

Peristiwa

Gempa 6,6 Magnitudo Mengguncang Yogyakarta
Banjir Sejangkung Kabupaten Sambas

Peristiwa

Kecamatan Sejangkung Dikepung Luapan Air
error: Content is protected !!