Home / Peristiwa

Selasa, 24 Januari 2023 - 16:09 WIB

Hari Imigrasi 73 Teladani Semangat Pejuang

Upacara Ziarah dan Tabur Bunga pada peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke 73, Selasa (24/1/2023) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Patria Jaya, Kubu Raya

Upacara Ziarah dan Tabur Bunga pada peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke 73, Selasa (24/1/2023) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Patria Jaya, Kubu Raya

Kubu Raya. Kepala Kanwil Kemenkumham Kalbar, Pria Wibawa berpesan di Hari Imigrasi ke 73 agar generasi penerus insan imigrasi meneladani semangat para pejuang pendahulu.

Hal tersebut dikemukakan Pria Wibawa saat menjadi inspektur upacara Ziarah dan Tabur Bunga pada peringatan Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-73 Tahun 2023, Selasa (24/1/2023) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Patria Jaya, Kubu Raya.

“Tabur bunga ini bukan sekadar seremonial dari rangkaian acara Hari Bhakti Imigrasi yang ke-73, tetapi suatu bentuk penghormatan pada para pahlawan yang berjasa bagi bangsa Indonesia. Tentunya acara ini sekaligus momen bagi kita untuk memupuk rasa cinta pada tanah air,” kata Pria Wibawa.

HBI ke-73 ini juga mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Tampil sebagai perwira upacara, Kepala Divisi Keimigrasian dengan peserta upacara para Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah, dan para Pejabat Administrasi Kantor Wilayah.

Hadir pula Kepala Rumah Detensi Imigrasi Pontianak, Para Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan se-Pontianak Raya, serta para Pejabat Struktural dan perwakilan Pegawai pada Divisi Keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pontianak, dan Rumah Detensi Imigrasi Pontianak.

Kegiatan berlangsung khidmat diikuti seluruh jajaran. Puncak upacara ziarah ditutup dengan peletakan karangan bunga oleh Pria Wibawa di Monumen TMP sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan.

Tabur Bunga

Kegiatan dilanjutkan tabur bunga oleh para Pimipinan Tinggi beserta Kepala UPT dan jajaran. Upacara Ziarah dan Tabur Bunga ini penting untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan, terutama yang berjuang dalam mendirikan Direktorat Jenderal Imigrasi yang eksis hingga sekarang.

“Saya berharap agar generasi penerus Direktorat Jenderal Imigrasi dapat meneladani semangat para pejuang pendahulu kita, sehingga semakin PASTI dan BerAKHLAK dengan bekerja secara cepat, tepat, ikhlas, dan hasilnya akuntabel,” ujar Pria Wibawa.

PASTI merupakan sebuah nilai dari sikap Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif. Sedangkan BerAKHLAK berarti, Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

“Hal ini selaras dengan tema Peringatan HBI ke-73 Tahun 2023 yaitu Imigrasi Baru untuk Indonesia yang Semakin Maju,” pesan Pria Wibawa.

Kegiatan HBI ke-73 di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat ini juga dilaksanakan seluruh jajaran Kantor Imigrasi di luar Kota Pontianak di TMP yang ada di wilayah kerjanya, dengan Inspektur Upacara masing-masing Kepala Kantor Imigrasi.

Editor: R. Rido Ibnu Syahrie

Share :

Baca Juga

Sepmot Satlantas

Peristiwa

Sigap, Sepmot Patroli Ganjal Truk Mogok
Warga berkerumun di Muara Ulakan Sambas

Peristiwa

Dendi Tenggelam di Muara Ulakan Sambas
Simulasi Pengamanan Pemilu 2024

Peristiwa

Polres se-Kalbar Simulasi Sispam Kota dan TPS
pontianak-times.co.id

Peristiwa

TCM Ngamuk Lempar Legislator Singkawang
Nelayan Tenggelam

Peristiwa

Nelayan Mempawah Tenggelam Tersangkut di Pukat Ikan
Gempa Yogya

Peristiwa

Gempa 6,6 Magnitudo Mengguncang Yogyakarta
Pembacokan Jalan Suwignyo

Peristiwa

Hendri Dibacok Malam Hari Hingga Tewas
Merah Putih Rekor Muri

Peristiwa

2022 Merah Putih Pecahkan Rekor MURI
error: Content is protected !!