Home / Infrastruktur

Jumat, 10 Februari 2023 - 14:02 WIB

Gapura Baru Batas Temajuk dan Malaysia

Tim Survey menentukan Titik Nol dan Gapura Baru Perbatasan RI-Malaysia di Dusun Sempadan, Paloh, Kabupaten Sambas, Rabu (8/2/2023)

Tim Survey menentukan Titik Nol dan Gapura Baru Perbatasan RI-Malaysia di Dusun Sempadan, Paloh, Kabupaten Sambas, Rabu (8/2/2023)

Sambas. Tim survei lapangan berkunjung ke titik nol perbatasan RI-Malaysia untuk memastikan pembangunan gapura baru, Rabu (8/2/2023) di Dusun Sempadan, Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Kunjungan tim survey ini meninjau titik zero point dan menentukan titik rencana pembangunan gapura baru yang berjarak 32 meter dari titik zero point. Tim juga meninjau patok batas negara A 53, jalan Inpres arah Teluk Atong dan Pos Gabma Temajuk.

Hadir dalam survey tersebut dari lintas stakeholders antara lain Kepala BPPD Provinsi Kalbar Alexander Rombonang dan jajarannya, Asisten 1 bidang Pemerintahan Pemkab Sambas Drs Sunaryo dan kepala dinas terakit, Administrasi Wilayah Kemendagri Sandi, Kasubdit batas antar negara Adwil Kemendagri Rizal.

Selain itu turut hadir dari pihak BNPP RI David Sebajang, Camat Paloh Budi Susanto, Staf PLBN Aruk Yul Rumindang, pihak TNI/Polri, Dan Pos Temajuk Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Lettu Inf Candra dan Anggota MPPI.

Rizal, Kasubdit Batas Antar Negara Adwil Kemendagri menjelaskan pihaknya sudah melaksanakan peninjauan lapangan dan sudah dibahas di Kemendagri. “Saat ini yang perlu kita pastikan adalah percepatan pembangunan dan pembongkaran gapura batas,” ujar Rizal.

Rencananya, kata Rizal, April 2023 ditargetkan sudah selesai pembangunan gapura baru. “Kami membawa tim teknis untuk melihat posisi yang akan dibangun ulang sehingga desain dan pengerjaan nanti tidak mengalami kendala dan bisa segera dibangun,” katanya.

Kamis (9/2/2023) rencananya akan ada pertemuan dengan pihak Malaysia di sematan Malaysia  melalui Border Aruk.  “Mohon dukungan dari masyarakat Temajuk dalam proses pembongkaran gapura baru tersebut,” ujarnya.

Asisten 1 Bidang Pemerintahan Kabupaten Sambas, Drs Sunaryo menjelaskan di Desa Temajuk akan dibangun pos lintas batas yang minimalis untuk kepentingan wisata.

Terkait pembangunan dan pembongkaran, merupakan salah satu komitmen Indonesia – Malaysia. “Intinya bagaimana kedepan Desa Temajuk dibuat pos PLB untuk jalur masuk wisata Malaysia,” kata Sunaryo.

Penulis: Muhammad Ridho

Share :

Baca Juga

Direktur PDAM Tirta Raya

Infrastruktur

PDAM Tirta Raya Maksimalkan Pelayanan
Seminar Kapuas Raya

Infrastruktur

Ini Rencana Pertahanan Negara di Kalbar
Titik Nol Khatulistiwa di Bontang Kalimantan Timur

Infrastruktur

Jalur Trans Kalimantan Tanpa Rest Area
Jalan Desa Serindang

Infrastruktur

Jalan Desa Serindang Tebas Rusak Parah
Pelatihan Driver Rantis

Infrastruktur

Driver Rantis Ditsamapta Polda Kalbar Berlatih Telehandler
Jalan rusak di Dungun Laut

Infrastruktur

Jalan Dungun Laut Jawai Rusak Parah
Tempat Pembuangan Sampah

Infrastruktur

Warga Pemangkat Minta Pemkab Atasi Sampah
Perabatasan Temajuk dan Malaysia

Infrastruktur

Pos Lintas Batas Negara Temajuk Dibahas
error: Content is protected !!