Home / Entertainment

Senin, 17 April 2023 - 13:44 WIB

Festival Tanglong Kuala Mempawah Meriah

Suasana Festival Tanglong di Kuala Mempawah, Minggu (16/4/2023)

Suasana Festival Tanglong di Kuala Mempawah, Minggu (16/4/2023)

Mempawah. Festival Tanglong 2023 di Kuala Mempawah berlangsung meriah. Warga Kelurahan Pasir Wan Walim memadati lokasi pelaksanaan festival sejak sore hari, Minggu (16/4/2023).

Festival tanglong tersebut tak hanya menjadi tontonan orang dewasa, anak-anak diwilayah tersebut bahkan turut menyaksikan kemeriahan acara itu.

Ketua panitia Festival Tanglong Yudi Sumanjaya, menuturkan Festival Tanglong ini merupakan agenda tahunan di bulan suci ramadan.

Menurut Yudi, tujuan Festival Tanglong ini untuk memelihara tradisi masyarakat Kota Mempawah dalam memeriahkan bulan ramadan.  Festival Tanglong diselenggarakan di Kuala Mempawah. Seluruh waga di lokasi tersebut menghiasi rumahnya dengan tanglong.

Yudi berharap, kreatifitas menampilkan Festival Tanglong itu dapat menambah kemeriahan dan semarak ramadan 1444 H bagi masyarakat di Kota Mempawah dan sekitarnya.

Yudi mengatakan, ratusan kupon sudah dibagikan kepada peserta yang ambil bagian pada kegiatan tersebut. Mengenai hadiah, masih menggunakan sistem doorprize dengan undian nomor peserta.

“Para peserta dilepas arak-arakan dari titik depan Pos Polsek Mempawah Timur, mengelilingi kawasan pasar Kuala Mempawah kemudian kembali ke titik semula,” terang Yudi.

Sementara itu, Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi dalam sambutannya mengapresiasi penyelengaraan festival tanglong 2023 di Kuala Mempawah.

“Kita menjadi saksi betapa kreatifnya generasi muda Kuala Mempawah yang secara konsisten melaksanakan pawai tanglong ini dari tahun ke tahun,” ucapnya.

Menurut Pagi, suasana pawai kali ini jauh lebih meriah dibandingkan dengan tiga tahun sebelumnya, ini terlihat dari sukacita masyarakat memadati yang menandakan bangkitnya dari masa pandemi Covid-19.

“Pelaksanaan Festival Tanglong ini dapat terus dilaksanakan dalam rangka menjaga budaya dan seni tradisional, serta mengedukasi anak anak muda agar tidak selalu terfokus pada permainan modern melalui gadget dan lainnya,” katanya.

Penulis: Rizki Firnanda I Update Berita, Follow Google News

Share :

Baca Juga

Konser Dewa 19

Entertainment

Dewa 19 Siap Menggebrak Kalimantan Barat
Eko Susanto mendampingi Edi Kamtono

Entertainment

BTF Siap Hadirkan Kerispatih di Pontianak
Presiden Jokowi, Edi Kamtono dan Panglima Jilah

Entertainment

Pontianak, Pilihan Representatif Even Berkelas
Arena Festival Sahur Sahur

Entertainment

10 Tim Masuk Final Festival Sahur Sahur
Alim Vokalis Band Kris

Entertainment

Arti Mendalam dan Lirik Lagu Tiara
Muare Ulakan Night Festival

Entertainment

Perahu Keren, Muare Ulakan Night Festival
Festival Karya Cipta Anak Negeri

Entertainment

DJKI Gelar Festival Karya Cipta Anak Negeri
Resort Camar Bulan

Entertainment

Ini Kondisi Terbaru Surga di Ekor Borneo
error: Content is protected !!