Home / Entertainment

Kamis, 30 Maret 2023 - 22:09 WIB

Festival Film Wartawan Indonesia Dimulai

Tema Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XIII Tahun 2023

Tema Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XIII Tahun 2023

Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XIII Tahun 2023 telah launching, Rabu (29/3/2023). Penyelenggaraan FFWI tahun ini diikuti kegiatan lainnya yang inovatif.

Pada acara pengumuman pemenang Oktober 2023 akan diselenggarakan festival sehari penuh  dengan kemasan agenda antara lain bazar, pameran, seminar dan event lainnya.  

Untuk pertama kalinya sejak FFWI digelar, kali ini acara pengumuman pemenang akan dibuat dalam dua bagian, sore dan malam. “Kami ingin lebih mendekatkan diri dengan masyarakat,” kata Wina Armada Sukardi, Ketua FFWI 2023 saat launching di Gedung Perfilman Usmar Ismail, Jakarta Selatan.

Mengusung tema “Gemilang Indonesia: Perfilman Kuat, Kebudayaan Unggul”, FFWI bakal menilai empat genre film yakni horor, komedi, drama dan action atau laga. Dengan penambahan genre itu, maka FFWI 2023 menyiapkan 40 piala.

Keempat puluh piala itu terdiri dari sembilan piala untuk unsur setiap genre, ditambah empat piala khusus, termasuk satu piala Best of The Best  untuk pemenang film terbaik di antara semua genre.

Agar pembagian piala tidak menjadi terlalu lama dan lebih menarik, pelaksanaan acara dibagi dua.  “Sudah pasti undangannya juga berbeda, sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang dapat hadir,” kata Wina.

Perbedaan mencolok dari penyelenggaraan FFWI sebelumnya, pada tahun ini seluruh pemenang bakal diberikan apresiasi dalam bentuk uang. “Walaupun belum besar, tapi ini rintisan untuk FFWI berikutnya,” tambah Wina.

Seperti diketahui FFWI merupakan anugerah dan apresiasi dari insan wartawan untuk karya-karya perfilman Indonesia. Kegiatan ini bermitra utama dengan Direktorat Perfilman, Musik dan Media, Dirjen Kebudayaan, Kemendikbud Ristek RI.

Dukungan

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru, Ahmad Mahendra menyambut baik penyelenggaraan acara dan mendukung tema FFWI.

Menurut Ahmad Mahendra, film-film nasional bukan saja sebuah karya seni dan produk industri hiburan, tetapi juga sarana diplomasi kebudayaan yang paling efektif untuk memperkenalkan cara hidup, cara pikir, dan ragam budaya Indonesia bagi penontonnya, terutama bagi penonton internasional.

“FFWI XIII 2023 diharapkan bukan semata memperkuat pondasi perfilman Indonesia, tetapi sekaligus menjadikan ekosistem film sebagai tuan rumah di negeri sendiri dan menjadi tamu agung di luar negeri,” kata Ahmad Mahendra.

Para juri FFWI 2023 akan menilai film-film yang telah ditayangkan baik di bioskop maupun OTT antara 1 Oktober 2022 sampai 30 Oktober 2023.(dwi/rls)

Update Berita, Follow Google News

Share :

Baca Juga

Festival Tanglong Kuala Mampawah

Entertainment

Festival Tanglong Kuala Mempawah Meriah
Festival Karya Cipta Anak Negeri

Entertainment

DJKI Gelar Festival Karya Cipta Anak Negeri
Hasan Karman

Entertainment

HK Disambut Antusias Warga Singkawang
Lomba Mancing Udang

Entertainment

265 Pemancing Bertarung, Hasilnya untuk Masjid
Lesti Kejora dan ucapan terimakasihnya setelah tembus trending#1 di Youtube.

Entertainment

Lagu Trending Lesti Jelang Pernikahan
Kontes Bonsai Sambas

Entertainment

Kontes Bonsai Dorong Ekonomi Kreatif
Arena Festival Sahur Sahur

Entertainment

10 Tim Masuk Final Festival Sahur Sahur
Hiburan kenaikan pangkat petugas Lapas IIA Pontianak

Entertainment

Parawali Hibur WBP dan Petugas Lapas IIA Pontianak
error: Content is protected !!