Home / Peristiwa

Senin, 15 Mei 2023 - 12:49 WIB

Fakta Iqbal Menghilang di Sungai Kapuas

Muhammad Iqbal Zaparullah bersama istri dan anak-anak tercinta

Muhammad Iqbal Zaparullah bersama istri dan anak-anak tercinta

Kubu Raya. Pencarian M Iqbal Zaparullah oleh Tim SAR Gabungan berlanjut di hari kedua, Senin (15/5/2023) dengan perluasan area pencarian. Berikut fakta-fakta tentang Iqbal.

Iqbal menceburkan diri ke Sungai Kapuas dari sebuah ponton lokasi Pangkalan Pasir Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Minggu (14/5/2023) sekitar pukul 10.30 WIB.

Iqbal merupakan kader loyal Partai Golkar yang terakhir kali menduduki posisi Wakil Ketua Bidang Media dan Pencitraan Organisasi (MPO) DPD Partai Golkar Provinsi Kalimantan Barat. Ia juga sekaligus menjadi Plt Ketua DPD Partai Golkar Kubu Raya menggantikan Ery Iriansyah sejak 28 November 2022.

Kiprahnya di Partai Golkar sejak era Golkar Kalbar dipimpin Zulfadhli, berlanjut ke Morkes Effendi hingga DPD Partai Golkar Kalbar dipimpin Maman Abdurrahman. Iqbal sempat menjadi Tenaga Ahli (TA) Zulfadhli yang kala itu menjadi Anggota DPR-RI hasil Pilegislatif 2014.

Baca juga:  46 Meninggal Akibat Gempa Cianjur

Dari pernikahannya dengan Eva Daniyyah Alawiyyah, ia dikarunia empat orang anak terdiri dari dari tiga anak eperempuan dan satu orang laki-laki. Anaknya yang sulung cukup berprestasi dan pernah menjadi pembawa baki Bendera Merah Putih pada perayaan 17 Agustus 2022 di Kantor Gubernur Kalbar.

Iqbal merupakan Alumni Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pontianak yang lulus Tahun 2006. Sebelumnya, Iqbal menimba ilmu di Pondok Pesantren Ummul Quro Bogor pada 1996.

Aktivitas Iqbal tidak hanya di Parpol, melainkan di beberapa lembaga dan organisasi kemasyarakatan antara lain Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Mathlaul Anwar dan ikut serta merintis beberapa pondok pesantren di Kabupaten Kubu Raya.  

Pria kelahiran 26 Februari 1980 ini dikenal rekan-rekannya supel dan ramah dalam pergaulan serta humoris. Jika ada acara atau kegiatan, dirinya sering didaulat untuk membaca doa.

Baca juga:  Nenek 70 Tahun Hilang Misterius di Hutan
Sakit

Saat insiden terjadi, Iqbal dalam kondisi sakit dan kelelahan setelah mengurus proses pencalegan di KPU Kubu Raya. Awalnya Iqbal hendak menceburkan diri bersama mobil minibus KB 1629 CG yang dikemudikannya, namun istrinya yang ikut dalam kendaraan itu berhasil menarik rem tangan.

Kondisi air saat Iqbal tercebur ke Sungai Kapuas, cukup deras dan keruh. Biasanya, arus semakin deras jika semakin mendekati dasar sungai.

Tim SAR Gabungan memperluas jangkauan pencarian hingga 1,5 Nautical Mile dengan tetap fokus pada pencarian di sekitar lokasi korban tenggelam. Tim SAR yang melakukan pencarian terdiri dari jajaran Polres Kubu Raya, Polsek Sungai Raya, Airud Polda Kalbar dan Basarnas.

Penulis: Dwi Agma Hidayah I Update Berita, Follow Google News

Share :

Baca Juga

Atap kanopi untuk sarana pejalan kaki di areal bandara Supadio ambruk dihantam angin puting beliung, Jumat (18/11/2022) siang

Peristiwa

Puting Beliung Hantam Bandara Supadio
Karyawan Sicepat Ekspres

Peristiwa

Karyawan Sicepat Geruduk DPMTK Singkawang
Pemakam Rio Wiranda

Peristiwa

Anggota Polres Mempawah Korban Tabrak Lari
Ruspandi

Peristiwa

Ruspandi Meninggal Usai Khutbah Idulfitri
Diskusi rekonstruksi kebangsaan 76 Tahun Indonesia Merdeka yang diselenggarakan Institute Kajian Kebangsaan (Instan), Selasa (17/8/2021). foto: Instan

Peristiwa

Masalah Dasar Belum Terjawab di Usia 76 Tahun Merdeka
Kolam Renang Tirta Indah Mempawah Hilir

Peristiwa

Belajar Renang, Siswa SDN 2 Antibar Meninggal
Munaslub Masika ICMI

Peristiwa

Metamorfosa Masika Menjadi Pemuda ICMI
Nenek Hilang Misterius

Peristiwa

Nenek 70 Tahun Hilang Misterius di Hutan
error: Content is protected !!