Home / Peristiwa

Rabu, 8 Februari 2023 - 14:06 WIB

Operasi Keselamatan Kapuas 2023 Dimulai

Upacara gelar pasukan Operasi Cipta Kondisi 2023, Selasa (7/2/2023) di Halaman Mapolres Sambas

Upacara gelar pasukan Operasi Cipta Kondisi 2023, Selasa (7/2/2023) di Halaman Mapolres Sambas

Sambas. Satlantas Polres Sambas menggelar Operasi Keselamatan Kapuas 2023 selama dua pekan. Operasi ini untuk meningkatkan disiplin warga dalam berkendaraan.  

Kasatlantas Sambas, IPTU Alfada Imansyah menjelaskan operasi dimulai sejak, Selasa (7/2/2023) di wilayah hukum Polres Sambas untuk cipta kondisi menghadapi bulan suci Ramadan 2023.

“Hingga 14 hari ke depan, kami dari Satlantas Polres Sambas  menggelar Operasi Keselamatan Kapuas 2023. Kita tingkatkan kesadaran tertib dan disiplin berlalulintas,” kata Alfada.

Ia mengatakan, operasi dilakukan dengan cara memberikan penyuluhan dan penindakan kepada pengendara yang melanggar aturan dengan memberikan teguran serta penindakan. “Untuk penindakan melalui tilang manual langsung karena sistem tilang elektronik atau ETLE masih dalam proses,” ujarnya.

Baca juga:  Arus Mudik H-2 Idulfitri Terpantau Kondusif

Alfada menyebut beberapa pelanggaran kasat mata akan menjadi prioritas petugas dalam Operasi Kapuas 2023.

Prioritas penanganan itu antara lain keselamatan, penggunaan handphone saat berkendaraan, tidak menggunakan helm SNI, berboncengan lebih dari satu pada penggunaan sepeda motor. “Terkait itu beberapa antaranya yang akan ditindak,” ujar Alfada.

Ia menyebut, sebanyak 40 personel Polres Sambas akan dimaksimalkan dalam operasi yang diharapkan juga mampu menurunkan angka kecelakaan di wilayah hukum Polres Sambas.

Pelaksanaan Operasi Kapuas 2023 ini diawali dengan Apel Gelar Pasukan di halaman Polres Sambas, dipimpin Wakapolres Sambas Kompol Eko Mardianto. Hadir Asisten Bupati Sambas, Anggota DPRD Sambas, Pasi Ops Kodim 1208 Sambas, Kasat Pol PP Sambas, Dishub Sambas dan PJU Polres Sambas.

Baca juga:  Diguyur Hujan, Imlek Sungai Pinyuh Meriah

Wakapolres Sambas mengatakan sasaran Operasi meliputi segala bentuk potensi gangguan yang menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas baik sebelum, saat dan pasca operasi Keselamatan Kapuas 2023.

“Kepada seluruh personel yang bertugas di lapangan, tetap kedepankan sikap humanis sesuai Standar Operasional Prosedur atau SOP. Kedepankan tindakan humanis dan preventif, laksanakan tugas dengan sebaik- baiknya, serta hindari pelanggaran sekecil apapun di lapangan,” ujar Wakapolres Eko Mardianto.

Penulis: Jainudin

Share :

Baca Juga

Evakuasi Korban Longsor PETI

Peristiwa

Tim Evakuasi Korban Longsor Bengkayang
Intercept korban kapal tenggelam

Peristiwa

Kapal Pengangkut Semen Tenggelam
pontianak-times.co.id

Peristiwa

Youtube BNPB Diretas Ditengah Bencana
Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto

Peristiwa

Waspada, Video Bentrok di Kebun Sawit
korban gempa cianjur

Peristiwa

46 Meninggal Akibat Gempa Cianjur
Proyek PJU Tenaga Surya

Peristiwa

Hak Pekerja PJU-TS Sambas Tak Kunjung Dibayar
Pembubaran Kontes Busana Waria

Peristiwa

Kontes Busana Waria di Sambas Dibubarkan
Tersengat Listrik

Peristiwa

Pasang Baliho Caleg, Meninggal Tersengat Listrik
error: Content is protected !!