Home / Edukasi

Kamis, 27 Juli 2023 - 05:26 WIB

Calvin, Siswa Jago TOEIC se-Indonesia

Calvin Sapta Wijaya diapit Kepala Sekolah dan Dewan Guru SMK Negeri 1 Teluk Keramat

Calvin Sapta Wijaya diapit Kepala Sekolah dan Dewan Guru SMK Negeri 1 Teluk Keramat

Sambas. Calvin, siswa SMKN 1 Teluk Keramat, Kabupaten Sambas, meraih skor tertinggi keempat Test of English for International Communication (TOEIC) se-Indonesia.

Nama lengkapnya Calvin Sapta Wijaya. Ia merupakan siswa kelas XII jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Calvin berhasil memperoleh skor TOEIC 965 poin pada pelaksanaan TOEIC yang digelar Direktorat SMK, Dirjen Vokasi Kemenristek pada Desember 2022. Poin tersebut masuk dalam kategori kemahiran profesional tingkat dunia atau International professional proficiency dengan range poin 905 – 990.             

Calvin beradu keahlian dengan 700 lebih siswa kelas XI dan XII yang mengikuti test tersebut secara online di seluruh Indonesia. Hasilnya, Calvin berada di urutan keempat.

Atas prestasinya tersebut, Calvin mengikuti Sakura Science High School Program atau Program Sekolah Menengah Sains Sakura (SSHP) tahun 2023 ke Jepang.

Kepala SMKN 1 Teluk Keramat H Mulyadi mengucapkan selamat kepada Calvin yang telah membawa harum nama SMKN 1 Teluk Keramat. Calvin juga sekaligus satu-satunya mewakili Kabupaten Sambas ke Jepang selama satu minggu.

Baca juga:  Kunjungan Kemanusiaan HIMAPEM di Pontianak

“Kami selaku pimpinan SMKN 1 Teluk Keramat beserta dewan guru mengapresiasi Calvin Sapta Wijaya. Ini pencapaian luar biasa, hingga tembus salah satu nilai terbaik nasional tes TOEIC,” ujar Mulyadi.

Mulyadi berharap, prestasi yang dicapai siswanya itu menjadi motivasi bagi siswa lainnya, sehingga dapat meningkatkan kualitas belajar untuk meraih prestasi.

“Semoga ini menjadi semangat bagi siswa lainnya di SMKN 1 Teluk Keramat. Tidak bisa dipungkiri bahwa kita yang berada di ujung negeri ini bisa meraih prestasi di kancah nasional,” kata Mulyadi.

Pembimbing TOEIC sekaligus guru SMKN 1 Teluk Keramat, Yoga Pratamawadi berharap prestasi tersebut dapat diraih siswa-siswa yang ada di Kabupaten Sambas pada tahun berikutnya.

Apa itu TOEIC

TOEIC atau Test of English for International Communication merupakan tes tes kemampuan bahasa Inggris selain TOEFL dan IELTS. Terdapat perbedaan dalam sistem skor TOEIC dengan IELTS maupun TOEFL.

Baca juga:  Harga Pupuk Melambung, Petani Tolak Jual Beras

Total kisaran nilai TOEIC yaitu range 10 – 990 dan untuk setiap seksinya menggunakan range 5 – 495, yang berarti, nilai minimal yang bisa diperoleh adalah 10, dan nilai maksimal 990. TOEIC memiliki 3 jenis tes, dengan sistem penilaian tersendiri.

Sistem penilaian itu meliputi listening and reading test, speaking dan writing. Listening and Reading Test untuk mengetahui kemahiran dalam mendengarkan dan membaca bahasa Inggris. Penilaian dilakukan berdasarkan jawaban benar, yang kemudian dikonversi sesuai skala skor.

Listening dan Reading terdiri dari 100 pertanyaan yang berarti total 200 pertanyaan. Nilai maksimal masing-masing seksi adalah 495.

Untuk speaking, terdapat 8 tingkat kemahiran berdasarkan skor yang diperoleh. Jumlah nilai dikonversikan ke dalam skala 0-200. Sedangkan untuk writing terdapat 9 tingkat kemahiran berdasarkan skor yang diperoleh, yang kemudian jumlah nilai dikonversi ke dalam skala 0-200.

Penulis: Riskiyansyah I Editor: R. Rido Ibnu Syahrie

Update Berita, ikuti Google News

Share :

Baca Juga

Wakil Walikota Singkawang

Edukasi

Malam Jumat Terakhir Wawako Singkawang
Penelitian FK Universitas Northwestern Feinberg tentang kopi dan asupan nutrisi

Edukasi

Secangkir Kopi Bisa Tangkal 10% Covid
pontianak-times.co.id

Edukasi

Beda Pemahaman Tentang Isra Mikraj (3)
pontianak-times.co.id

Edukasi

Wapres RI 93 Siap Hadir Diskusi Instan
SD Pusaka Nusantara

Edukasi

Intip Sekolah Dasar Bertaraf Internasional di Sambas
pontianak-times.co.id

Edukasi

POM Kalbar Bentuk Tiga Organ Baru

Edukasi

Dewan Pers Dorong Verifikasi Media Massa
Masjid Hidayatullah Pontianak

Edukasi

Masjid Hidayatullah Pontianak Garap 3 S
error: Content is protected !!