Home / Edukasi

Jumat, 24 Juni 2022 - 15:30 WIB

5 Planet Sejajar Diabadikan Warga +62

Planet sejajar yang sempat diabadikan melalui aplikasi star walk. Foto: capture video @novaID_

Planet sejajar yang sempat diabadikan melalui aplikasi star walk. Foto: capture video @novaID_

Pontianak. Warganet hari ini, Jumat (24/6/2022) ramai-ramai posting foto penampakan lima buah planet yang terlihat sejajar. Kelima planet itu adalah Mars, Venus, Merkurius, Jupiter dan Saturnus.

“Ini adalah parade planet! Sebelum matahari terbit, Anda dapat melihat sekilas planet-planet berbaris di langit,” tulis @NASAHubble, sebuah akun twitter resmi untuk teleskop luar angkasa Hubble NASA yang dikelola dan dioperasikan oleh Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA, Kamis (23/6/2022).

Akun tersebut mengarahkan pada situs NASA. “Jika Anda bukan orang yang suka bangun pagi, Hubble memberi Anda pemandangan planet Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus!”

Warganet tanah air @Dandi_Rouff menunggu momen langka yang terjadi 20 tahun sekali itu. “Tidak sia-sia nunggu. Diambil jam 04.36, dan tertangkap juga ada bintang jatuh. Keren parah sih ini jupiter terang banget,” ujar Rouff sekaligus posting tampilan foto fenomena langka tersebut.

Beberapa diantaranya bahka ada yang membuat video menggunakan aplikasi star walk untuk mengabadikan fenoma astronomi tersebut. Hasilnya, keren…

Penjelasan soal 5 planet sejajar ini dapat dilihat dari situs solarsystem.nasa.gov yang menjelaskan berkumpulnya planet itu dapat dilihat dengan mata telanjang. Selama beberapa bulan ke depan, Saturnus, Mars, Jupiter, dan Venus akan tampak semakin menyebar di langit. Sehingga Venus dan Saturnus akan terlihat sebagai objek pagi bagi sebagian besar yang mengamati di bulan September.

Masih dalam situs tersebut, planet-planet itu akan terus tampil sejajar di pagi hari sebelum matahari terbit di bulan Juni. Bulan bergabung dalam barisan plaent pada tanggal 23 Juni.

Juni adalah waktu yang tepat untuk mengamati salah satu gugus bintang globular paling terkenal,  M13 yang sering disebut sebagai Gugus Hercules. Gugus bola adalah kumpulan bintang berbentuk bola, yang tersusun rapat di pusatnya. M13 berisi beberapa ratus ribu bintang.

Laman resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional menyebut fenomena planet sejajar ini merupakan fenomena langit langka setiap 18-19 tahun sekali bisa disaksikan dari wilayah Indonesia. Fenomena ini mulai sejak 4 Juni 2022 pagi dengan konfigurasi 5 planet yang sejajar. Boleh disebut konjungsi kuintet.

Dan konjungsi kuintet ini berakhir pada 19 Juni 2022, sehingga ada 15 hari pengamatan yang dapat disaksikan di arah timur. Fenomena ini dapat disaksikan mulai subuh atau 72 menit sebelum matahari terbit sampai akhir fajar bahari atau sekitar 24 menit sebelum matahari terbit.

Selain konjungsi kuintet atau planet sejajar, fenomena langit akan dilanjutkan dengan konjungsi sektet atau enam benda langit pada 20 Juni sampai tanggal 27 Juni 2022.

Konjungsi sektet atau parade langit di mana terdapat 6 benda langit yakni, Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, dan Bulan yang dapat dilihat sejajar secara bersamaan. Sehingga, akan terdapat 6 objek yang berlangsung selama 8 hari dengan arah dan waktu pengamatan yang masih sama.

Penulis: R. Rido Ibnu Syahrie

Share :

Baca Juga

Baksos Hari Bhakti Imigrasi 73

Edukasi

Kanwil Kemenkumham Kalbar Baksos HBI 73
pontianak-times.co.id

Edukasi

Beda Pemahaman Tentang Isra Mikraj (3)
ilutrasi gagal ginjal akut

Edukasi

Pemerintah Bentuk Tim Kasus Gagal Ginjal Anak
Serdik Sespimmen Polri

Edukasi

Serdik Sespimmen Polri Belajar Toleransi ke Singkawang
Mou Usaid Segar

Edukasi

CU Keling Kumang dan HKD Bermitra dengan USAID SEGAR
Sahrul Kandidat Ketua BEM Untan

Edukasi

Sahrul Siap Bawa BEM Untan Bergerak Progresif
Apel Siaga Siswa SMA dan SMK se-Kalbar segera digelar, Senin (6/9/2021) pukul 07.00 WIB

Edukasi

5 Ribu Siswa SMA/SMK Se-Kalbar Siap Apel Virtual
Sarapan Siswa Sekolah Dasar

Edukasi

Manfaat Sarapan Sebelum Beraktivitas
error: Content is protected !!