Home / Edukasi

Minggu, 29 Oktober 2023 - 12:06 WIB

Pesan Muda di Diskusi Panel Literasi Beretika

Pontianak. Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menitipkan pesan ringan kepada generasi muda untuk jujur dan bijak dalam berinteraksi sosial di dunia maya.

“Mulailah dari diri sendiri dengan kejujuran dengan menggunakan akun asli di media sosial. Jika hal-hal palsu atau fake, maka akan berdampak pada perubahan sikap dan perilaku,” kata Muda Mahendrawan, Bupati Kubu Raya saat menjadi narasumber Diskusi Panel Literasi Beretika, Rabu (25/10/2023) di Ibis Hotel.

Muda tampil komunikatif dalam kegiatan besutan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Kalbar itu. Selain Muda, juga tampil Heri Mustamin Anggota DPRD Provinsi Kalbar dari Partai Golkar. Narasumber lainnya adalah Muhammad Syarifudin Budi, Erwin Irawan Komisioner Bawaslu Kota Pontianak dan Kompol Asep Mustofa Kamil dari unit siber Direskrimsus Polda Kalbar.

Menurut Muda, hal-hal palsu di media sosial akan mempengaruhi dalam kehidupan nyata sehari-hari. Misalnya saja, seorang laki-laki yang memiliki akun seolah-olah perempuan, maka dalam waktu lama akan berdampak pada perubahan psikologis.

“Mulailah menggunakan akun asli dan kembangkan terus literasi dan narasi yang beretika,” ujar Muda yang dikenal dengan slogan Kubu Raya Menanjak ini.

Pada kesempatan itu, Muda juga mewanti-wanti di era digital dan arus informasi yang pesat saat ini, terutama dengan penggunaan gadget.

“Jangan sampai gadget membuat kita menjadi asing dengan lingkungan sekitar, sehingga ada istilah gadget menjauhkan yang dekat. Untuk itu, gunakanlah gadget dengan bijak,” ujarnya.

Fenomena ini, lanjut Muda, misalnya saat berkumpul, masing-masing sibuk dengan gadgetnya. Padahal kondisinya sedang berkumpul dengan teman-teman dalam satu lokasi. “Ini yang saya maksud dengan menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh,” ujar Muda.

Menurut Muda, tak bisa disangkal lagi perkembangan arus informasi saat ini. Sangat jauh berbeda dengan kondisi sebelumnya.

“Kalau anak-anak muda dulu lebih banyak berinteraksi dengan alam, tetapi anak-anak muda sekarang lebih banyak berhubungan dengan gadget. Untuk itu, perlu mengadirkan orisinalitas dalam berliterasi di dunia maya,” pesan Muda.(pt1)

Update Berita, ikuti Google News

Share :

Baca Juga

Ketua DPRD Sambas menyerahkan berkas IAIS Sambas kepada Ketua DPRD-RI La Nyalla, Rabu (27/10/2021) di IAIN Pontianak

Edukasi

IAIS Menuju PT Negeri, Harap Dukungan DPD
Aksi tolak RUU Sisdiknas

Edukasi

Enam Hal Penting RUU Sisdiknas 2022
pontianak-times.co.id

Edukasi

Seleksi Poltekip dan Poltekim 2022 Dimulai
Anjangsana MKGR ke Panti Tunanetra

Edukasi

MKGR Kalbar Anjangsana ke Pondok Tunanetra
Yessy Anggota DPR RI

Edukasi

Komisi IV DPR Desak Oknum SUPM Ditindak
planet

Edukasi

Ini Kajian Islam Tentang Parade 5 Planet
Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa

Edukasi

Mahasiswa 5 Perguruan Tinggi Gotong Royong
Damkar Swadesi Assalam

Edukasi

20 Relawan Damkar Swadesi Assalam Ikut Pelatihan
error: Content is protected !!