Home / Peristiwa

Minggu, 28 Agustus 2022 - 17:34 WIB

Pasca Banjir, Ika Tinjau Lapas Singkawang

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalbar, Ika Yusanti mengunjungi Lapas Singkawang pasa banjir yang melanda wilayah tersebut, Minggu (28/8/2022)

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalbar, Ika Yusanti mengunjungi Lapas Singkawang pasa banjir yang melanda wilayah tersebut, Minggu (28/8/2022)

Singkawang. Lapas II B Singkawang yang turut terdampak banjir mendapat respons Kepala Kanwil Kemenkumham Kalbar Pria Wibawa. Ia langsung menugaskan Kadiv Pemasyarakatan Ika Yusanti untuk peninjauan, Minggu (28/8/2022).

Setibanya di Lapas Singkawang, Ika mengecek sisi-sisi tembok dan sudut bangunan yang terdampak banjir. Wanita yang giat melaksanakan inspeksi mendadak ini juga mengecek kondisi kesehatan warga binaan pada setiap blok hunian. Tak terkecuali melihat ketersediaan bahan makanan untuk seluruh warga binaan atau narapidana.

Ika kemudian memberikan arahan kepada warga binaan untuk melakukan pembersihan lingkungan pasca banjir. Sekaligus meminta untuk mewaspadai binatang berbahaya yang mungkin terbawa saat terjadi banjir.

Tak lupa pula memberikan himbauan untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap penggunaan alat-alat yang berhubungan dengan kelistrikan, terutama pada beberapa area yang masih lembab pasca kebanjiran.

Secara tegas, Ika menginstruksikan kepada Plh Kalapas Singkawang agar segera bersama KPLP, Kasi Kamtib, Kasubag TU dan jajaran lain melakukan kontrol keliling dan lingkungan. Hal ini untuk mengecek lebih jauh areal-areal yang terdampak banjir seperti pintu-pintu sel, gorong-gorong, branggang, dan lain lain. Pengecekan itu agar tidak terjadi gangguan keamanan dan ketertiban.

Instruksi lainnya, menelusuri dan membersihkan saluran air yg tersumbat, serta melakukan penataan lingkungan untuk mengantisipasi musim hujan yang akan datang, agar tidak terjadi banjir lagi.

Kehadiran Ika ke Lapas Singkawang kali ini didampingi Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Keamanan, Herry Suhasmin.

Diberitakan sebelumnya, Banjir dahsyat yang melanda Kota Singkawang telah melumpuhkan aktivitas masyarakat. Sarana vital seperti Rumah Sakit dan Lembaga Pemasyarakatan terkena imbas, Sabtu (27/8/2022).

Pantauan pontianak times hingga malam pukul 18.45 WIB, air semakin meninggi. Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Azis Jalan Dr Soetomo yang awalnya hanya tergenang di pelataran, sudah mulai masuk ke bangsal-bangsal dan ruang perawatan.

RSUD Abdul Azis yang masuk wilayah Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat merupakan daerah yang termasuk dataran tinggi. Logikanya, jika wilayah ini sudah banjir maka banjir di titik lain akan lebih parah.

Di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Singkawang yang terletak di Jakan Raya Sedau Kecamatan Singkawang Selatan, air mulai merangsek masuk setinggi mata kaki orang dewasa. Para narapaidana dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terpaksa memilih bertahan.(rdo)

Share :

Baca Juga

Merah Putih Rekor Muri

Peristiwa

2022 Merah Putih Pecahkan Rekor MURI
Upacara HUT Kemerdekaa RI ke 78

Peristiwa

Upacara Kemerdekaan RI di Batas Negara
Jembatan Jalan Daeng Menambon Mempawah

Peristiwa

Waspada Jembatan di Jalan Daeng Menambon
Pembunuhan Nor Azizah

Peristiwa

Apa Motif Pembunuhan Wanita di Sungai Asam
pontianak-times.co.id

Peristiwa

Anak TK Kalahkan Perusahaan Sawit Raksasa
Semprot Jalan

Peristiwa

Polisi dan BPBD Mempawah Semprot Jalan
Kebakaran Bangunan Mangkrak Untan

Peristiwa

Bangunan Mangkrak RS Untan Terbakar
semprot jalan raya

Peristiwa

SAR Ditsamapta Polda Kalbar Semprot Jalan
error: Content is protected !!