Home / Entertainment

Minggu, 9 April 2023 - 17:20 WIB

Menyenangkan, Kemping Menggunakan Mobil

Penghobi kemping memnggunakan mobil berkumpul di Areal Masjid Mujahidin Pontianak menggelar kemping sekaligus buka bersama Sabtu dan Minggu (9/4/2023)

Penghobi kemping memnggunakan mobil berkumpul di Areal Masjid Mujahidin Pontianak menggelar kemping sekaligus buka bersama Sabtu dan Minggu (9/4/2023)

Pontianak. Mau coba kemping sambil berwisata menggunakan mobil? Berikut ini rekomendasi bagi Anda, salah satunya masuk dalam perkumpulan Campervan Indonesia atau CVI Chapter 20 Kalimantan Barat.

CVI Chapter 20 Kalimantan Barat merupakan sebuah perkumpulan para pehobi kemping menggunakan mobil di Kalimantan Barat. Trend ini kian tumbuh seiring dengan terus bertambahnya anggota lantaran menyenangkan.

Komunitas ini sudah terbentuk di Kalbar sejak 2017. Tidak ada persyaratan khusus bagi yang ingin bergabung dalam CVI. Mobilnya pun tidak mesti dimodifikasi layaknya campervan atau motorhome yang memiliki fasilitas lengkap di dalam kabinnya.

“Dengan mendirikan tenda di samping mobil atau di atas mobil, itu sudah cukup untuk bisa bergabung,” ujar Ketua CVI Kalbar Yan Andria, Minggu (9/4/2023).

Pemilik sapaan Yansu ini menjelaskan, pada dasarnya CVI dibentuk untuk menghimpun dan mewadahi para penikmat dan pelaku kegiatan berwisata sambil kemping bersama keluarga.

“Tujuannya berwisata dengan mengajak keluarga, dengan konsep menginap di alam terbuka dengan mendirikan tenda. Makannya pun kita memasak sendiri. Ibaratnya kita memindahkan suasana hotel atau rumah ke alam terbuka,” ujar Yansu.

Ada nilai kebersamaan sesama anggota saat kembing bersama, serta kemandirian di antara anggota keluarga itu sendiri. Karena untuk menginap, misalnya, seluruh anggota keluarga harus bekerjasama mendirikan tenda.

Termasuklah ketika urusan makan para pengemping ini, harus memasak bersama-sama. “Disini nilai yang secara tidak sadar, dapat membangun kemandirian bagi anak-anak kita,” ujar Yansu.

Pemilihan lokasi kemping pun, bagi komunitas ini tidak mempunyai patokan seperti harus di lokasi wisata yang jauh di luar kota semata. Asalkan ada pelataran luas, untuk kapasitas parkir dan mendirikan tenda, sudah bisa dijadikan lokasi berkemah.

Hal itu seperti dilakukan pada Sabtu-Minggu ini, komunitas ini menggelar kopi darat atau kopdar sambil kemping di pelataran parkir Masjid Raya Mujahidin Pontianak.

Mereka menggelar kemping sambil berbuka sekaligus sahur bersama anggota CVI. “Alhamdulillah, saat berbuka bersama kami mengajak serta sekitar 20an anak-anak Panti Asuhan Tunas Harapan Aisyiyah,” kata Ketua Pelaksana, Agus Salim.

Agus Salim menyebut, kegiatan ini bagian dari bakti sosial CVI Kalbar. Biasanya, mereka menggelar berbagai kegiatan sosial, seperti menanam pohon, membersihkan lokasi dimana kita kemping, hingga melakukan bersih rumah ibadah di perlintasan atau di sekitar lokasi kemping.(dwi/rls)

Update Berita, Follow Google News

Share :

Baca Juga

Nadin Amizah

Entertainment

Konser Tunggal Nadin Amizah
Sambas Islamic Tourism Expo

Entertainment

Even SITE Berlanjut Usai Mendapat Kritik
Parawali West Borneo menyuguhkan lagu-lagu lawas sarat muatan pesan di Hari Jadi Kota Pontianak ke-250 tahun, Sabtu (30/10/2021) di panggung Istana Kadriyah.

Entertainment

Parawali Meriahkan 250 Tahun Pontianak
Panitia Festival Tari Multietnik

Entertainment

Ayo Daftar Festival Tari Multietnis Kalbar
Eko Susanto mendampingi Edi Kamtono

Entertainment

BTF Siap Hadirkan Kerispatih di Pontianak
Desa Wisata

Entertainment

Destinasi Terbaru, Wisata Air Pasar Melayu
Film Before, Now and Then (Nana)

Entertainment

Nana, Kisah Perempuan Korban Pemberontakan
Lala Kuli Sambas

Entertainment

Lala Kuli Sambas Dipadati Ribuan Warga
error: Content is protected !!