Home / Ekonomi

Senin, 14 November 2022 - 12:00 WIB

JIPREMIUM 2022 Jembatan Kerjasama Korea dan Indonesia

Penyelenggaraan rangkaian kegiatan JIPREMIUM 2022 di hari pertama

Penyelenggaraan rangkaian kegiatan JIPREMIUM 2022 di hari pertama

Jakarta. Pameran produk premium, Jakarta International Premium Products Fair (JIPREMIUM) 2022 menjadi jembatan kerjasama Korea dan Indonesia, 10-12 November 2022 di Hall A Jakarta Convention Center (JCC).

Lebih dari 300 stan produk premium asal Korea Selatan, Indonesia dan beberapa negara lainnya hadir dalam event yang diorganisir konsultan pemasaran ternama, MarkPlus Corp.

JIPREMIUM 2022 dimeriahkan dengan rangkaian talkshow dan seminar dari berbagai pemangku kepentingan. Pada hari pertama, seminar dan talkshow sesi Korea-Indonesia Collaboration: Empowering Global Trade to Boost The Economy.

Seminar dan talkshow ini menghadirkan Setyono Djuandi Darmono selaku Chairman of Korea Indonesia Management Association (KIMA) dan Jababeka Group, Janghee Lee selaku Director General Korea Trade-Investment Promotion Agency (KOTRA) Jakarta.

Selain itu H.E  Umar Hadi Director General for  American and European Affairs selaku Ministry of Foreign Affairs of the Republic of Indonesia & Former Ambassador of the Republic Indonesia to the Republic of Korea (2017-2021), dan Hermawan Kartajaya selaku Co-Founder of Korea Indonesia Management Association (KIMA) & Founder and Chairman of M Corp.

“Dengan konsep yang tepat, JIPREMIUM dapat membawa kemitraan yang baik antara Korea dan Indonesia. Bisnis akan terus berjalan dengan kesempatan yang baik untuk menghasilkan pemasukan yang baik pula,” ujar Darmono, Chairman of KIMA.

Menurutnya, perbedaan Indonesia dan Korea cukup kontras, mulai dari demografi hingga daya juang masyarakat. Oleh karena itu, kita dapat memanfaatkan perbedaan ini untuk menjalin hubungan kerja sama yang kuat kedepannya dengan harapan dapat menciptakan lapangan kerja.

Kerjasama

Director KOTRA Jakarta, Janghee Lee menyampaikan kesempatan kerjasama yang dijalin dapat menggaet keuntungan tersendiri bagi Indonesia. Implikasi bagi Indonesia dari kerjasama ini dapat mendukung UMKM, mendorong investasi teknologi, mengoptimalkan kembali peraturan dan kebijakan, menarik investasi asing, merangkul keberlanjutan kerjasama, mendesain ulang zona industri, membangun infrastruktur digital nasional.

Konsep Business to Business (B2B) di JIPREMIUM menghubungkan para pengunjung dengan pemilik stan untuk menjalin kerja sama seperti peluang investasi, impor ekspor, distributor, reseller dan lain sebagainya. Berbeda dengan brand asal Korea yang saat ini belum memiliki izin jual beli produk secara retail di Indonesia, dimana peserta stan dari Indonesia diizinkan untuk melakukan penjualan Business to Customer (B2C).

“Kami memiliki gagasan yang sangat jelas tentang masa depan yang menjanjikan untuk kerjasama Indonesia – Korea. Alasannya, masyarakat Indonesia dan Korea memiliki gaya hidup yang berbeda bila  dikaitkan  dengan  pekerjaan,” ujar HE Umar Hadi, Director General for American and European Affairs dan Ministry of Foreign Affairs of the Republic of Indonesia.

Menurut Umar Hadi, demografi Korea berbanding terbalik dengan Indonesia. Lebih dari 50% penduduk Indonesia berisikan Gen Z dan selalu bertambah. Sedangkan di Korea berkurang 500 penduduk setiap tahunnya.

Beauty Business

Selain dari sesi Korea-Indonesia Collaboration: Empowering Global Trade to Boost The Economy, kemeriahan seminar dan talkshow diisi dengan topik lainnya seperti Beauty Business: Innovation Through Generation, Future of Marketing in Metaverse Era, Marketing Trends in Society 5.0,  The Future of Toys and Gaming : How Technology Is Evolving People’s Play, A Risk Free Alternative to Implement IT Software Systems, dan Unveiling The Uniqueness of Indonesia Through Sustainable Product.

Perkembangan industri pemasaran dan teknologi yang saling berkaitan, dikupas dari berbagai sudut pandang di JIPREMIUM 2022, seperti Marketeers sebagai perusahaan media, Soca.ai sebagai perusahaan pengembangan teknologi Artificial Intelligence, Dentsu sebagai perusahan periklanan dan hubungan masyarakat, Sayurbox sebagai kanal belanja groceries, dan Pinhome sebagai kanal informasi real estat.

“Walaupun  marketing  saat  ini  berkembang  secara  digital,  namun human behaviour tidak akan tersingkirkan dari teknologi. Mengikuti perkembangan Gen Z, adaptasi pemasaran yang dilakukan bisa dengan membuat konten edukatif dan soft-selling.” ujar Fibriyani Elastria selaku CMO Pinhome.

Sesi  The  Future  of Toys and Gaming : How Technology Is Evolving People’s Play menghadirkan pembicara Sutjadi Lukas selaku Ketua Umum Asosiasi Mainan Indonesia (AMI), Marvin Yulian selaku Vice President of Marketing UNIPin, dan Iskandar Ramli selaku CEO and Founder Metaco.

Jakarta International Premium Products Fair (JIPREMIUM) 2022 telah menjadi gelaran kelima yang diselenggarakan oleh COEX bersama   KITA (Korea International Trade Association) dan PT Aremgo Grafindo dengan kehadiran lebih dari 15.000 pengunjung.(mp/*)

Share :

Baca Juga

Uang rupiah baru 2022

Ekonomi

BI Luncurkan Tujuh Uang Kertas Rupiah Baru
Ikatan Alumni FEBI IAIN Pontianak

Ekonomi

IKA FEBI IAIN Pontianak Garap Ekonomi Kreatif
Dialog Investasi MABM Sambas

Ekonomi

MABM Sambas Sukses Garap Dialog Investasi
PT Qia ekspor Cangkang Sawit

Ekonomi

Ketapang Siapkan Ekspor Cangkang Sawit   
pontianak-times.co.id

Ekonomi

Harga TBS Sawit Terjun Bebas ke Rp1.700
Petani Padi

Ekonomi

Harga Pupuk Melambung, Petani Tolak Jual Beras
Sidak Pasar

Ekonomi

Pemkab Mempawah Sidak Pasar Jelang Lebaran
Pasar murah imlek

Ekonomi

Pasar Murah Mempawah Jelang Imlek 2574
error: Content is protected !!