Home / Ekonomi

Senin, 1 Juli 2024 - 13:14 WIB

Hamzah Tawil Terpilih Ketua Dekopin Kalbar

Hamzah Tawil usai Muswilub Dekopinwil Provinsi Kalbar yang dihadiri Dekopinda kabupaten/kota se-Kalbara dan utusan Dekopin Pusat

Hamzah Tawil usai Muswilub Dekopinwil Provinsi Kalbar yang dihadiri Dekopinda kabupaten/kota se-Kalbara dan utusan Dekopin Pusat

Pontianak. Dr H Hamzah Tawil MSi terpilih menjadi Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopi) Wilayah Provinsi Kalimantan Barat periode 2024-2029 dalam Muswilub selama dua hari, Jumat-Sabtu (28-29/6/2024).

Muswilub di Graha Dekopinwil Kalbar Jalan Letjen Sutoyo Pontianak itu, dihadiri utusan Dekopin Daerah dari 14 kabupaten/kota se- Kalimantan Barat.

Sebanyak dua orang perwakilan Dekopin Pusat turut hadir. Mereka adalah Dr Agung Sujatmoko MM Wakil Ketua Harian dan Raliansen Saragih SH MM Wakil Ketua Umum Bidang Advokasi.

Hamzah Tawil kepada pontianak times menjelaskan dirinya siap mengemban amanah yang telah diberikan dalam Muswilub.

Ia mengatakan akan menjalankan visi Dekopinwil Kalbar yakni mitra pemerintah dalam pemberdayaan koperasi sebagai pilar ekonomi Kalimantan Barat, melalui digitalisasi untuk efisiensi, transparansi, dan daya saing menuju Indonesia Emas 2045.

Hamzah yang masih aktif sebagai Wakil Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Kalbar ini juga memiliki rencana kerja lima tahun yang komprehensif, yang mencakup berbagai inisiatif untuk memperkuat koperasi di Kalimantan Barat.

Baca juga:  Wow.. Perseroan Perorangan Cuma Rp50 Ribu

“Beberapa hal yang akan dikembangkan antara lain terkait kapasitas dan kapabilitas Dekopinwil Kalbar, menyalurkan aspirasi ekonomi, sosial, dan budaya,” kata Hamzah yang sebelumnya Ketua Dekopinda Kubu Raya ini.

Hal lainnya, membangun kerjasama strategis, mendorong aktivitas ekonomi anggota koperasi, peningkatan kompetensi dan profesionalisme, promosi dan edukasi tentang koperasi, serta penerapan teknologi dan inovasi.

Program Kerja

Dalam program kerjanya, Hamzah Tawil telah menyiapkan beberapa langkah selama setahun pertama 2024-2025 antara lain Digitalisasi Sistem Manajemen dengan menerapkan sistem manajemen digital di seluruh koperasi anggota untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi.

Pelatihan Dasar Digital, melibatkan 80% pengurus dan anggota koperasi dalam pelatihan dasar penggunaan teknologi digital untuk meningkatkan kompetensi digital mereka.

Baca juga:  Kemenkumham Kalbar Boyong Pelaku Usaha dan Pencipta KI

Pengembangan Infrastruktur Digital, untuk emastikan infrastruktur teknologi informasi yang memadai di 70% koperasi untuk mendukung operasional yang lebih efisien.

Sistem Pembayaran Digital, menerapkan sistem pembayaran digital di 60% koperasi untuk memudahkan transaksi dan meningkatkan akuntabilitas keuangan. Peluncuran Platform E-commerce, melibatkan 50% koperasi dalam penggunaan platform e-commerce untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan produk koperasi.

Program Pemberdayaan Ekonomi, melaksanakan lima program pemberdayaan ekonomi yang mendukung usaha anggota koperasi, dengan fokus pada inovasi dan produktivitas. Penerapan Layanan Digital Terpadu, menerapkan layanan digital terpadu di 80% koperasi untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing.

Evaluasi dan Penyusunan Rencana Strategis Baru, melakukan evaluasi penggunaan teknologi digital dan menyusun rencana strategis baru yang disetujui untuk keberlanjutan program pengembangan koperasi.

Penulis: Khairul Rahman I Update Berita, ikuti Google News

Share :

Baca Juga

pontianak-times.co.id

Ekonomi

HIPMI Dukung RSI Garap Agrobisnis Nilam
Sri Mulyani Menkeu

Ekonomi

Waspada Gejolak Ekonomi Dunia 2023
Panen Raya Padi

Ekonomi

Sambas Lumbung Padi Kalimantan Barat
Pasar Murah Mempawah

Ekonomi

Sembako Naik, Pemkab Mempawah Gelar Pasar Murah
Maman Abdurrahman

Ekonomi

Maman Sanjung Airlangga Taklukan Inflasi
Bank Kalbar

Ekonomi

Bank Kalbar Memaksimalkan Layanan Nasabah
Temu Bisnis Tahap VI

Ekonomi

Temu Bisnis VI Sukses Raup Rp29,5 Triliun
Transformasi Digital

Ekonomi

Tips Taklukkan Transformasi Digital 2023
error: Content is protected !!