Home / Ekonomi

Minggu, 23 Oktober 2022 - 01:00 WIB

Buah Naga dari Jawai yang Menggoda

Buah Naga atau Dragon Fruit, salah satu produk UMKM yang dipamerkan di BMF 2022 di, Aruk Sajingan Kabupaten Sambas

Buah Naga atau Dragon Fruit, salah satu produk UMKM yang dipamerkan di BMF 2022 di, Aruk Sajingan Kabupaten Sambas

Sambas. Dari 30 stand pameran di ajang Business Matching Forum (BMF) 2022 PLBN Aruk, satu stand diantaranya cukup menggoda. Stand itu dari Kecamatan Jawai yang memamerkan Buah Naga.

Stand buah naga itu mendapat kunjungan lumayan banyak pada hari kedua pameran, Sabtu (22/10/2022). Pihak penyelenggara kegiatan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) RI turut mempromosikan buah naga tersebut.

“Alhamdulillah dari BNPP sudah mengadakan pameran multi kultur, serta bisa turut mempromosikan buah naga,” kata Nanang Kurniawan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Stand UMKM Plaza Pasar Wisata PLBN Aruk Sajingan.

Nanang berkomitmen ke depan buah naga bisa memiliki banyak produk turunan. “Jadi tidak saja menjual buah. Tetapi diolah menjadi berbagai macam makanan seperti dodol, sirup, atau kripik buah naga dan lain sebagainya,” ujar Nanang.

Ia mengharapkan melalui pameran BMF 2022, pihak pemerintah bisa lebih peduli terhadap perkembangan produk buah naga. Pemerintaj juga diharapkan bisa memberi dukungan kepada petani buah naga agar lebih sejahtera.

Mengenai produktivitas buah naga, Nanang menjelaskan panen buah naga dalam perbulan jika musim normal bisa mencapai 30 ton. Panen bisa bertambah pada saat musim buah.

“Saya sudah 10 tahun ini mengembangkan pertanian buah naga. Kita sudah mulai merambah untuk menembus pasar ekspor melalui kegiatan BNPP RI. Semoga terwujud,” ujar Nanang.

Buah Naga di stand UMKM Plaza Pasar Wisata PLBN Aruk Sajingan
Khasiat Buah Naga

Buah naga adalah buah jenis kaktus dari genus Hylocereus dan Selenicereus. Tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Lantaran kulitnya menyerupai sisik naga, maka buah ini disebut Buah Naga atau Dragon Fruit. Soal khasiat, jangan tanya. Ada seabrek khasiat Buah Naga.

Khasiat atau manfaat itu antaralain untuk kesehatan kulit agar tetap kencang dan elastis, mengurangi resiko kanker, meningkatkan kesehatan jantung, mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Khasiat lainnya adalah meredakan batuk dan flu, menurunkan berat badan, baik untuk pencernaan, kesehatan tulang, mencegah resiko radang sendi, meredakan nyeri atau inflamasi kulit akibat sengatan sinar matahari, untuk kesehatan rambut dan khasiat lainnya.

Khasiat itu karena Buah Naga berdasarkan data komposisi pangan indonesia mengandung zat gizi ynag luar biasa dalam setiap 100 gramnya. Kandungan itu meliputi air 85,7 gram (g), energi 71 kal, protein 1,7 g, lemak: 3,1 g, karbohidrat 9,1 g, serat: 3,2 g, abu: 0,4 g, kalsium 13 mg, natrium 10 mg, dan kalium 128 mg.

Kandungan lainnya, fosfor 14 mg, zat besi 0,4 mg, seng (Zinc) 0,4 mg, vitamin B1 0,5 mg, vitamin B2 0,3, mg, niasin atau vitamin B3 0,5 mg dan vitamin C 1 mg. Buah ini juga mengandung vitamin dan mineral lainnya seperti vitamin E dan magnesium, likopen sebagai senyawa antioksidan untuk menangkal radikal bebas. (hen/st)

Share :

Baca Juga

pontianak-times.co.id

Ekonomi

Harga TBS Sawit Terjun Bebas ke Rp1.700
Pupuk Mampan CRF

Ekonomi

CMA Siapkan Pupuk Terbaik Petani Sawit
Kemendag

Ekonomi

Harga Ayam Ras Tingkat Peternak, Turun
Penyerahan STDB

Ekonomi

Bupati Kubu Raya Serahkan STDB 500 Petani Sawit Swadaya
Sekretariat PB Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Jalan Sultan Agung Jaksel. foto: fp PB-HMI

Ekonomi

PB-HMI Desak Pemerintah Gratiskan PCR
Sri Mulyani Menkeu

Ekonomi

Waspada Gejolak Ekonomi Dunia 2023
Ikan Tongkol Murah

Ekonomi

Sepekan Ini Banjir Ikan Tongkol Murah
Bank Kalbar

Ekonomi

Bank Kalbar Memaksimalkan Layanan Nasabah
error: Content is protected !!