Home / Peristiwa

Jumat, 17 Juni 2022 - 14:38 WIB

70 Tahun Ultah Diplomatik Indonesia-Jerman

Pertemuan bilateral Presiden Joko Widodo dengan Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier, Kamis (16/6/2022) di Istana Kepresidenan Bogor. Foto: Setpres

Pertemuan bilateral Presiden Joko Widodo dengan Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier, Kamis (16/6/2022) di Istana Kepresidenan Bogor. Foto: Setpres

Jakarta. Hubungan diplomatik Indonesia dan Jerman telah terbina sejak 1952. Pertemuan diplomatik di ulang tahun (ultah) ke 70 ditandai dengan kunjungan kenegaraan Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier ke Istana Bogor menemui Presiden Joko Widodo, Kamis (16/6/2022).

Kedatangan Steinmeier bersama delegasi disambut pasukan Nusantara, pasukan berkuda, dan korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Setelah disambut Jokowi, berlanjut upacara kenegaraan dengan berkumandangnya lagu kebangsaan kedua negara, diiringi dentuman meriam sebanyak 21 kali.

Kedua pemimpin negara tersebut kemudian melakukan inspeksi pasukan kehormatan dan memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara yang turut hadir.

Dari pihak Indonesia, hadir Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, serta Plt Direktur Jenderal Amerika dan Eropa I Gede Ngurah Swajaya.

Terlihat hadir dari delegasi Republik Federal Jerman antara lain Duta Besar Republik Federal Jerman untuk Indonesia, ASEAN, dan Timor Leste Ina Lepel, Sekretaris Negara Republik Federal Jerman Dörte Dinger, Menteri Negara Kantor Luar Negeri Republik Federal Jerman Anna Lührmann, dan Wakil Ketua Kelompok Parlemen ASEAN Peter Aumer.

Selain itu, Kepala Departemen Kebijakan Luar Negeri Wolfgang Silbermann, Juru Bicara Presiden Republik Federal Jerman Cerstin Gammelin, Kepala Kantor Pribadi Presiden Republik Federal Jerman Alexander Dubnitzki, dan Penasihat Kebijakan Senior Kantor Presiden Republik Federal Jerman Dilan Kücükali.

Kegiatan berlanjut dengan penanaman bersama pohon Cendana atau Santalum album oleh Presiden Jokowi dan Presiden Steinmeier. Selepas itu, Jokowi dan Steinmeier menuju veranda untuk berbincang sejenak sebelum menggelar pertemuan bilateral bersama delegasi dari masing-masing negara.

Dalam pertemuan bilateral tersebut, kedua pemimpin juga menbahas berbagai kerja sama ekonomi bilateral. “Tahun ini kita memperingati 70 tahun pembukaan hubungan diplomatik Indonesia-Jerman. Ini merupakan momentum bagi Indonesia dan Jerman untuk memperkuat hubungan,” ujar Jokowi.

Jokowi menyambut baik berbagai rangkaian kegiatan perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jerman. Salah satunya adalah pameran seni kontemporer yang menghadirkan seniman asal Indonesia.

Steinmeier melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia selama tiga hari, dari 15-17 Juni 2022. Ia juga akan berkunjung ke Candi Borobudur di Magelang.(dwi)

Share :

Baca Juga

Hari Jadi Sambas 392

Peristiwa

Jadwal Even Hari Jadi 392 Kabupaten Sambas
Angin mengamuk

Peristiwa

Angin Mengamuk di Mempawah, Rumah dan Café Hancur
Monster Air Ikan Tapah

Peristiwa

Monster Air Sungai Ditemukan di Mempawah
Y gantung diri di Pemangkat

Peristiwa

PNS di Pemangkat Ditemukan Gantung Diri
Singkawang Banjir Lagi

Peristiwa

Banjir Singkawang Semakin Parah
pontianak-times.co.id

Peristiwa

Tiga SPBU Sasaran Operasi Cegah Preman
Balik Mudik Presisi 2023

Peristiwa

Balik Mudik Gratis Presisi 2023 Mempawah
Bantuan Banjir Sambas

Peristiwa

Normalisasi Tidak Menjawab Banjir Sambas
error: Content is protected !!