Home / Peristiwa

Sabtu, 17 September 2022 - 10:05 WIB

Tim Pora Pantau WNA di Perbatasan Sambas

Kepala Divisi Keimigrasian, Tato Juliadin Hidayawan mengecek berbagai infrastruk terkait pengawan orang asing, Kamis (15/9/2022)

Kepala Divisi Keimigrasian, Tato Juliadin Hidayawan mengecek berbagai infrastruk terkait pengawan orang asing, Kamis (15/9/2022)

Sambas. Kepala Divisi Keimigrasian, Tato Juliadin Hidayawan memimpin Tim Pengawasan Orang Asing Kanwil Kemenkumham Kalbar melakukan pemantauan Warga Negara Asing (WNA) di perbatasan negara di Kabupaten Sambas, Kamis (15/9/2022).

Tato Juliadin dalam pengarahannya kepada tim di di Camar Bulan Resort, Desa Temajuk menekankan untuk menjaga sinergi yang selama ini telah dibangun.

“Diharapkan semakin menjalin sinergitas antar instansi dalam pengawasan orang asing. Sehingga tercipta stabilitas keamanan terhadap ancaman pelanggaran oleh orang asing,” kata Tato.

Pertemuan Tim Pora dihadiri Kepala Sub Bidang Perizinan Keimigrasian, Kepala Sub Bidang Penindakan Keimigrasian, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sambas serta anggota Timpora Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas.

Selain itu, hadir juga Kapolsek Paloh, Kepala KUA Paloh, Satuan Gabungan Intelijen Kodam XII Tanjungpura, Komandan Satgas Pamtas 645/Gty Temajuk, Komandan Pos angkatan Laut Temajuk,  Kepala Posda BAIS TNI Sambas, Kepala Pos Bea Cukai, Kepala Pos KKP Temajuk, Camat Paloh dan Kepala Desa Temajuk.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan Pos Lintas Batas Tradisional (PLBT) Temajuk. Sejauh ini, pelayanan perlintasan orang terakhir di bulan Maret 2020 selama masa Pandemi Covid-19 tidak terdapat perlintasan, dikarenakan border di Sematan (Malaysia) masih tutup sejak Pandemi Covid-19.

Rombongan kemudian bertolak meninjau titik 0 Temajuk perbatasan Indonesia-Malaysia tepatnya di Patok yang menjadi batas antara Indonesia-Malaysia berada sekitar 50m dari gerbang pintu masuk Malaysia (Pos Kawalan Sempadan Telok Melano).

Tato berkomunikasi dengan petugas yang berjaga di perbatasan Malaysia dan memberikan penguatan kepada pegawai yang bertugas di perbatasan, untuk tetap semangat dan di tengah keterbatasan yang ada.

Kunjungan berikutnya ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk. Di lokasi ini Kadiv Keimigrasian, Tato Juliadin meninjau perlintasan WNA/WNI yang sudah mulai normal dan menyampaikan atensi khusus. Atensi itu terkait Surat Direktur Lalu Lintas Keimigrasian tentang Kemudahan Keimigrasian di Masa Pandemi Covid-19 untuk mendukung kembali pertumbuhan pariwisata indonesia.

Menurut Tato, ketika perbatasan sudah dibuka, maka beberapa tempat pemeriksaan imigrasi termasuk PLBN Aruk menjadi pintu masuk orang asing subjek Visa Kunjungan Saat Kedatangan (VKSK)/Bebas Visa Kunjungan (BVK) Khusus Wisata.

Tato menyempatkan berdialog dan berinteraksi dengan pelintas yang masuk dan keluar dari PLBN Aruk untuk memastikan kepuasan pelayanan Petugas Imigrasi di PLBN Aruk. Tak lupa, Ia juga  bertukar informasi dengan instansi lain di PLBN Aruk agar sinergi tetap terjalin baik.

Terakhir ia memberi arahan sekaligus penguatan kepada seluruh pegawai Imigrasi di PLBN Aruk agar tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam pelaksanaan pemeriksaan keimigrasian, serta tetap menjalankannya sesuai aturan berlaku.(alf/dwi)

Share :

Baca Juga

pontianak-times.co.id

Peristiwa

Kemenkumham Kalbar Gelar Donor Darah HBI 72
Jo, pelaku pembunuhan di Singkawang Utara

Peristiwa

Alasan Jo Bunuh Novita di Singkawang
Flexing istri pegawai Setneg

Peristiwa

Istri Pamer, Pegawai Setneg Dinonaktifkan
Konferensi Pers Akhir Tahun 2022 Polda Kalbar

Peristiwa

Kecelakaan Lalulintas 1.111 Selama 2022
Jumat Curhat Polsek Pontianak Kota

Peristiwa

Jumat Curhat Polsek Pontianak Kota di Warkop Ara
Momen walikota singkawang mengamuk

Peristiwa

Rangkuman Wako Tjhai Chui Mie Mengamuk
Banjir Sambas

Peristiwa

Gawat, Kabupaten Sambas Terkepung Banjir
pontianak-times.co.id

Peristiwa

Anak TK Kalahkan Perusahaan Sawit Raksasa
error: Content is protected !!