Home / Infrastruktur

Sabtu, 15 Juni 2024 - 23:05 WIB

Penampakan Desain Destinasi Baru Singkawang

Desain penataan Kota Pusaka di Jalan Merdeka dan Jalan Pemuda Kota Singkawang.

Desain penataan Kota Pusaka di Jalan Merdeka dan Jalan Pemuda Kota Singkawang.

Singkawang. Penampakan desain destinasi baru di Kota Singkawang, semakin menguatkan kota ini  terus berbenah sebagai kota wisata.

Pemkot Singkawang terus berupaya memperindah tampilan kota. Kali ini, dua lokasi segera ditata dalam daftar pekerjaan Kota Pusaka yakni, Mess Daerah dan Titik Nol Kilometer.

Sesuai timeline yang telah dibuat, pada bulan Juni 2024 seharusnya sudah memasuki permulaan pekerjaan penataan untuk kawasan Mess Daerah di Jalan Merdeka dan kawasan Titik Nol Singkawang di Jalan Pemuda.

Namun kondisinya masih dipenuhi para Pedagang Kaki Lima (PKL). Para pedagang sektor informal ini meminta penangguhan deadline, selepas Idul Adha 1445 Hijriyah untuk relokasi ke kawasan Lapangan Tarakan di Jalan Perwira.

Pj Walikota Singkawang, Drs H Sumastro  MSi menjelaskan Pemkot Singkawang berupaya menempuh win-win solution. Harapannya, tercipta destinasi baru bagi warga maupun yang berkunjung ke Kota Singkawang.

“Singkawang perlu memperbanyak destinasi atau alternatif lokasi yang dapat dikunjungi, sesuai visi yang salahsatunya terdepan dalam pengembangan pariwisata,” kata Sumastro, Kamis (12/6/2024) kepada pontianak times.

Baca juga:  Sungai Sambas Denyut Budaya dan Wisata

Dari konsep desain penataan Mess Daerah di Jalan Merdeka, akan mengalami perubahan antara lain Jalan raya yang bahu kiri dan kanan jalan terdapat trotoar. Lengkap dengan tanaman, lampu jalan dan sentuhan artisitik lainnya.

Sedangkan di bagian dalam, tepatnya Mess Daerah terdapat pagar yang indah dengan desain terstruktur berupa taman dan fasilitas umum yang akan dibuat menarik untuk dikunjungi.

Demikian pula halnya, di kawasan Titik Nol Jalan Pemuda yang menjadi lokasi tengah kota. Penataan lokasi yang menjadi program Kota Pusaka di lokasi tersebut dibuat seartistik mungkin. Selain direncanakan membangun tugu titik nol, juga akan ada pedestrian atau fasilitas bagi pejalan kaki.

Khusus di Lapangan Tarakan, Pemkot Singkawang telah mendesain Sport Center yang dipadukan dengan Sentra Kuliner. Lokasi inilah yang menjadi cikal bakal pengembangan dari relokasi PKL di Jalan Merdeka dan  Jalan Pemuda.

Baca juga:  Kebun Raya Sambas, Pertama di Kalbar
Lapangan Tarakan

Kapan penataan Lapangan Tarakan? Pj Walikota Singkawang, Sumastro menjelaskan akan dieksekusi pada tahun 2025.

Fasilitas yang telah direncanakan di Lapangan Tarakan antara lain penataan Lapangan Sepakbola, 100 unit booth makanan, 10 unit gerobak makanan, 5 unit booth minuman dan parkir 18 odong-odong.

Fasilitas lainnya adalah lahan parkir roda empat dan roda dua, 2 lintasan jogging track, 2 unit tribun serbaguna, toilet dan ruang ganti, dan fasilitas lainnya.

“Perpaduan lokasi olharga dan kuliner itu telah menjadi tren, seperti di kota-kota lainnya diIndonesia. Sekaligus, kita ingin membuat citra PKL masuk dalam UMKM yang naik kelas,” ujar Sumastro.

Penulis: R. Rido Ibnu Syahrie I Update Berita, ikuti Google News

Share :

Baca Juga

Proyek Pelebaran Jalan BTS

Infrastruktur

Waspada Ceceran Tanah Proyek Jalan BTS
Masjid Agung Nurul Islam Singkawang

Infrastruktur

Progress Masjid Agung Singkawang 55 Persen
pontianak-times.co.id

Infrastruktur

Puluhan Tahun Gelap, Midji Realisasikan Listrik
Pos Lintas Batas Negara

Infrastruktur

Perlintasan PLBN Jagoi Babang dan Entikong Terdata Baik
Tempat Pembuangan Sampah

Infrastruktur

Warga Pemangkat Minta Pemkab Atasi Sampah
Perabatasan Temajuk dan Malaysia

Infrastruktur

Pos Lintas Batas Negara Temajuk Dibahas
pontianak-times.co.id

Infrastruktur

Selamat Datang di Wisata Jalan Berlubang
Lampu Penerangan Jalan Umum

Infrastruktur

PJU Padam 2 Tahun di Jalan Protokol
error: Content is protected !!