Home / Sport

Kamis, 11 November 2021 - 19:01 WIB

Papua Calon Jagoan Peparnas XVI Disusul Jabar

Bambang Arianto menerima medali perunggu pada cabang olahraga Tenis meja putra kelas TT4 Peparnas XVI Papua.

Bambang Arianto menerima medali perunggu pada cabang olahraga Tenis meja putra kelas TT4 Peparnas XVI Papua.

Jayapura, Papua. Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XVI Papua tersisa dua hari lagi dan akan segera ditutup, Sabtu (13/11/2021). Tuan rumah kontingen Papua bercokol tangguh di posisi teratas klasemen, disusul Jawa Barat dan Jawa Tengah. Kabar baik datang dari cabang olahraga renang Kalbar.

“Alhamdulillah atlet renang kita dari Kalbar, Simson Abraham Situmorang, Santoso dan Kevin Ramadhan menambah perolehan total empat medali emas. Simson bahkan memecahkan rekor nasional,” kata Mustaat Saman, Chief de Mission (CDM) Kontingen National Paralympic Committee (NPC) Provinsi Kalbar, Kamis (11/11/2021).

Sedangkan perolehan medali perak dari cabang renang ditorehkan Erlansyah pada renang S-8 gaya punggung. “Hari ini kita mendapatkan tambahan medali perak dari cabor atletik tolak peluru atasnama Fauzi, dan Yuliana Lili cabor angkat berat kelas 69 kg juga mendapatkan perak dan medali perunggu diperoleh dari Januari pada cabor renang gaya bebas 50 meter,” kata Mustaat.

Dari laman resmi Peparnas XVI Papua, Kontingen Kalbar berada pada posisi 10 klasemen sementara daftar perolehan medali hingga Kamis (11/11/2021) siang dengan total 21 medali terdiri dari medali emas (7), perak (9) dan perunggu (5). Sebanyak 5 medali emas diperoleh dari cabang renang dan dua sisanya dari cabang panahan dan angkat berat.

“Kevin Ramadhan atlet dari Kayong Utara menyabet 3 emas di cabang renang untuk kelas berbeda. Kami akan berupaya setelah Peparnas ini atlet-atlet terbaik Kalbar akan mendapatkan pembinaan berkelanjutan sehingga tetap bugar dan dalam kondisi siap bertanding,” ujar Mustaat yang juga mantan Anggota DPRD Provinsi Kalbar ini.

Sementara itu, kontingen lain akan kesulitan untuk mengejar ketangguhan kontingen tuan rumah Papua. Atlet-atlet Bumi Cendrawasih telah mengumpulkan total perolehan 155 medali meliputi 72 emas, 40 perak, dan 43 perunggu. Provinsi Jawa Barat menempati posisi kedua dengan koleksi 138 medali terdiri dari 31 emas, 35 perak, dan 22 perunggu. Sedangkan posisi ketiga diisi Jawa Tengah dengan menyabet 24 medali meliputi 49 emas, 35 perak, dan 40 perunggu.

Pelaksanaan Peparnas XVI Papua rencananya akan ditutup Presiden Joko Widodo di Stadion Mandala Jayapura. “Bapak Presiden akan hadir langsung menutup Peparnas,” kata Zainudin Amali, Menteri Pemudan dan Olahraga dalam keterangan pers di Hotel Swiss Bell Papua, Selasa (9/11) malam.

  • Penulis: R. Rido Ibnu Syahrie

Share :

Baca Juga

Defile kontingen NPC Kalimantan Barat pada acara Pembukaan Peparnas XVI, Jumat (5/11/2021) malam di Stadion Mandala Jayapura

Sport

Peparnas Dimulai, Kalbar Siap Bertanding
WSBK Mandalika 2023

Sport

Akhir Pekan Ini Mulai WSBK Mandalika 2023
Haornas NPCI

Sport

Puncak Haornas NPCI Kalbar Meriah
Pertandingan Arema vs Persebaya

Sport

Catatan Kritis Tragedi Kanjuruhan
Ketua Pengprov IMI Kalimantan Barat, Yuliansyah.

Sport

IMI Kalbar akan Laksanakan Vaksinasi Gratis
Tim Bola Voli Polresta Pontianak lawan Tim Bola Voli Polres Sanggau

Sport

Tim Putra Voli Polresta Pontianak Unggul
Jadwal Pertandingan Piala Dunia

Sport

Maroko Mengukir Sejarah Sepakbola Dunia
Bola Voli Kapolda Kalbar Cup 2023

Sport

Daftar Juara Voli Kapolda Kalbar Cup 2023
error: Content is protected !!