Home / Politik

Rabu, 24 Januari 2024 - 17:31 WIB

Dukungan Publik 02 Tak Terbendung, Mahasiswa di Kalbar Demo

Aliansi Mahasiswa Kalimantan Barat Untuk Keutuhan Bangsa (AMKB2) itu mendatangi sekretariat Tim Kampanye Daerah (TKD) Kalimantan Barat

Aliansi Mahasiswa Kalimantan Barat Untuk Keutuhan Bangsa (AMKB2) itu mendatangi sekretariat Tim Kampanye Daerah (TKD) Kalimantan Barat

Pontianak. Dukungan publik kepada Paslon 02 Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka semakin tak terbendung. Ratusan mahasiswa di Kalbar berdemo sampaikan pakta integritas, Rabu (24/1/2024).

Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Kalimantan Barat Untuk Keutuhan Bangsa (AMKB2) itu mendatangi sekretariat Tim Kampanye Daerah (TKD) Kalimantan Barat di Gedung Zamrud Jalan Ahmad Yani.

Mereka membentangkan spanduk dan poster, selanjutnya melakukan orasi terkait arah kepemimpinan bangsa dari hasil Pilpres 2024 nanti pasca 14 Februari 2024. Demonstran tersebut menuntut Prabowo Subianto untuk berjanji dan menepatinya jika terpilih dalam Pilpres nanti.

Aksi kalangan kampus ini ternyata, setelah mencermati dan melakukan kajian dari berbagai survey dan dukungan autentik dari berbagai lapisan masyarakat. “Hidup mahasiswa..!,” ujar Ikram, Koordinator Lapangan yang berorasi di depan massa.  

Setelah orasi sejenak, mahasiswa dari berbagai universitas dan perguruan tinggi di Kalbar itu ditemui Maman Abdurrahmah yang juga Ketua TKD Kalbar. Para pengunjuk rasa yang memenuhi halaman Gedung Zamrud, langsung menerikkan yel-yel Indonesia.

“Saya yakin dan sepakat, apapun yang mahasiswa perjuangkan untuk Indonesia dan Kalimantan Barat yang lebih baik lagi ke depannya. Ayo kita berdialog dan berdiskusi,” ujar Maman.

Akhirnya, sebanyak 10 orang perwakilan dari AMKB2 selanjutnya diterima oleh Maman untuk berdialog. Maman didampingi tim TKD lainnya yakni Heri Mustamin, Yadi, Imilda dan Sukarsi.

Pada kesempatan itu, Ikram yang juga Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pontianak menyampaikan butir-butir tuntutan. Ternyata kalangan milenial dan gen Z ini merasa khawatir kalau Prabowo Subianto mengkhianati kepercayaan suara rakyat.

Untuk itu, kata Ikram, AMKB2 berkomitmen untuk melakukan gerakan sebagai  bentuk  peringatan agar Prabowo Subianto menepati janji-janji kepada masyarakat Indonesia.

Pakta Integritas

Ikram pada kesempatan tersebut membacakan 11 Pakta Integritas hasil rumusan AMKB2 yang harus ditandatangani Prabowo Subianto.

Kesebelas butir pakta integritas itu antara lain Prabowo harus berjanji tidak akan berkhianat kepada rakyat Indonesia. Berjanji akan menjalankan amanah dan suara rakyat Indonesia dengan sejujur-jujurnya dan seadil-adilnya. Berjanji akan memperkokoh Pancasila, UUD 1945, penegakkan Demokrasi dan Hak Asasi Manusia.

Butir lainnya, berjanji menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan menguatkan pertahanan  dan keamanan negara, serta mendorong kemandirian bangsa dalam berbagai bidang. Berjanji mendorong tersedianya lapangan kerja yang luas dan membuka kesempatan berwirausaha, mendukung UMKM, serta membangun infrastruktur.

Prabowo Subianto juga diminta untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang unggul dalam berbagai bidang, serta memperkokoh pendidikan dan kesehatan masyarakat. Berjanji melakukan reformasi birokrasi, memberantas korupsi dan mafia. Berjanji melakukan hilirisasi dan industrialisasi untuk memperkuat posisi ekonomi Indonesia dalam percaturan ekonomi dunia.

Berjanji membangun desa di seluruh Indonesia dan melakukan pemerataan pembangunan. Berjanji memberantas kemiskinan dan pengangguran. Berjanji  memelihara toleransi antarumat beragama dan membangun kehidupan rakyat Indonesia yang harmonis, mewujudkan keadilan sosial, dan menciptakan kemakmuran rakyat Indonesia.

Seluruh butir-butir Pakta Integritas itu selanjutnya diterima dan ditandatangani Maman dari AMKB2 untuk disampaikan secara langsung kepada Prabowo Subianto.

Penulis: R. Rido Ibnu Syahrie I Update Berita, ikuti Google News

Share :

Baca Juga

Rubaeti Erlita Prabasa

Politik

Rubaeti Mohon Doa dari Warga Kalbar
Chandra dan Dennie Amiruddin

Politik

Kapuas Raya akan Menjadi Buffer Zone IKN
Prabowo dan Jokowi Mania

Politik

Relawan Jokowi Merapat ke Prabowo
Prabowo Subianto dan Budi Gunawan

Politik

Menakar Potensi Prabowo-Budi Gunawan
9 Parpol Lolos Parliamentary Threshold

Politik

Komposisi Parpol Jelang Pilpres 2024
pontianak-times.co.id

Politik

Pembekalan Jelang Pelantikan Pengurus MKGR Kalbar
Survey bursa Capres Cawapres 2024

Politik

Tiga Nama Bursa Capres Masih Konsisten
Bambang Widianto dan Mustafa MS

Politik

Pendukung Sutarmidji Dituding Jadi BuzzeRp
error: Content is protected !!