Home / Peristiwa

Senin, 6 Desember 2021 - 20:15 WIB

BIN Kalbar ‘Gempur’ Perbatasan Negara

Petugas vaksin menyuntikkan vaksin ke kelompok sasaran masyarakat umum di wilayah perbatasan negara Entikong, Sanggau (6/12/2021). Foto: pontianak-times.co.id

Petugas vaksin menyuntikkan vaksin ke kelompok sasaran masyarakat umum di wilayah perbatasan negara Entikong, Sanggau (6/12/2021). Foto: pontianak-times.co.id

Sanggau. Giliran dua kelompok di perbatasan negara yakni masyarakat umum dan pelajar di Kabupaten Sanggau menjadi sasaran vaksinasi massal yang diselenggarakan Badan Intelijen Negara (BIN) RI- Daerah Kalbar, Senin(6/11/2021).

Penyelenggaraan vaksin dosis kedua itu dilaksanakan di Kecamatan Entikong dan Sekayam Kabupaten Sanggau dengan  distribusi 4000 dosis.  Vaksinasi di wilayah Sekayam sedang berlangsung hingga tiga hari kedepan tepatnya mulai 6-8 Desember 2021 di Puskesmas dan di SMPN 3 Sekayam Desa Melenggang.

Sedangkan untuk pelayanan vaksin di Entikong mulai 8-10 Desember 2021 di Puskesmas Entikong dan dilaksanakan dari rumah ke rumah di Desa Semanget dan Desa Entikong. “Kegiatan vaksinasi ini berjalan sangat baik dengan adanya dukungan lembaga seperti BIN Daerah Kalbar,” kata A. Yustina, Kepala Puskesmas Sekayam

Dengan dukungan BIN Daerah Kalbar ini, maka jumlah total masyarakat dan pelajar yang mendapatkan vaksin di Kecamatan Sekayam bertambah 2 persen dari total 28.000 sasaran vaksin di Kecamatan Sekayam.

Baca juga:  PNS di Pemangkat Ditemukan Gantung Diri

Kepala BIN Daerah (Kabinda) Kalbar, Brigjen Pol Rudy Tranggono menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan 4.000 dosis vaksin untuk pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Sanggau. “Lokasi vaksin di Puskesmas Balai Karangan untuk masyarakat umum dan pelajar,” jelas Rudi.

Menurut Rudy, capaian vaksinasi di Kalbar terhitung 3 Desember 2021 tercatat sebesar 53,25 persen untuk suntikan dosis satu dan 36,09 persen untuk dosis kedua. Diharapkan melalui vaksinasi di Kabupaten Sanggau ini dapat mendorong percepatan vaksinasi di Kalbar. “Semoga optimal sehingga mendukung program percepatan vaksinasi di Kalbar, khususnya wilayah perbatasan,” ujar Rudy.

Vaksinasi untuk masyarakat perbatasan Kalbar ini, lanjut Rudy, adalah perintah langsung dari Presiden RI Joko Widodo yang menghendaki masyarakat di perbatasan diprioritaskan mendapatkan layanan vaksinasi. “Selain masyarakat umum, target vaksinasi untuk pelajar di wilayah perbatasan bertujuan mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka,” kata dia.

Baca juga:  Suwardi Dikukuhkan Pimpin Pepabri Mempawah

Kabinda terjun langsung ke lokasi kegiatan vaksinasi di perbatasan Kabupaten Sanggau tersebut. Ia menyatakan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada tim vaksinator dari Puskesmas Entikong dan Sekayam.

Gempuran vaksinasi ini, kata Rudy, secara masal dengan pelayanan sistem jemput bola ke desa dan dusun. Selain itu dari rumah ke rumah dan di pos pelayanan di Puskesmas. Hal ini untuk mempercepat target pembentukan imunitas kelompok di Kalbar khususnya di wilayah perbatasan negara.

Rudy meminta agar seluruh elemen masyarakat mendukung program percepatan vaksinasi sebagai upaya efektif dalam menghadapi pandemi Covid-19. Selain itu, diperlukan pembatasan aktivitas menjelang Natal dan Tahun Baru 2022.

“Kami mengimbau masyarakat agar menahan diri, tidak melakukan aktivitas diluar rumah yang dapat menimbulkan kerumunan. Pemerintah akan menetapkan PPKM Level III pada momen libur Nataru nanti,” tegas Rudy. (rn07/as)

Share :

Baca Juga

Tim SAR Gabungan

Peristiwa

SAR Evakuasi Nelayan Terapung di Laut
Demo Pasar Beringin dan Penolakan Revitalisasi

Peristiwa

Pedagang Pasar Beringin Jegal Kelompok Oportunis
Bangunan Mangkrak Rumah Sakit Untan

Peristiwa

Bangunan Mangkrak RS Untan Segera Ambruk
Azyumardi Azra, Ketua Dewan Pers ketika menerima kunjungan pengurus SMSI Pusat beberapa waktu lalu

Peristiwa

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Tutup Usia
Kapolres Mempawah dan Barang Bukti Truk

Peristiwa

CCTV Ungkap Penabrak Polisi Hingga Tewas

Peristiwa

Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia
Capture video banjir Susi Wu

Peristiwa

Video Susi Wu Mendadak Viral, Ada Apa?
pontianak-times.co.id

Peristiwa

Dua Kelompok Bersajam Bentrok di Beting
error: Content is protected !!