Home / Ekonomi

Jumat, 1 Juli 2022 - 06:55 WIB

Beli Minyak Goreng Curah Pakai Aplikasi

Minyak goreng curah yang di jual di pasar-pasar tradisional

Minyak goreng curah yang di jual di pasar-pasar tradisional

Pontianak. Pemerintah mulai memberlakukan pembelian minyak goreng curah rakyat (MGCR) mulai 11 Juli 2022 di tingkat konsumen maupun produsen menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhur Binsar Pandjaitan, Senin (27/6/2022) menjelaskan upaya ini untuk memberi kemudahan bagi masyarakat melalui segi harga.

“Supaya tata kelola distribusi minyak goreng curah menjadi lebih akuntabel dan bisa terpantau mulai dari produsen hingga konsumen pemerintah akan memulai sosialisasi dan transisi perubahan sistem penjualan pembelian minyak goreng curah,” kata Luhut.

Aturan pembelian minyak goreng curah menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan KTP ini di tingkat konsumen akan dibatasi maksimal 10kg untuk satu NIK perharinya seharga Rp14.000 per liter. Atau Rp15.500 per kilogramnya melalui penjual/pengecer yang sudah terdaftar resmi dalam program Simirah 2.0 dan juga melalui Pelaku Usaha Jasa Logistik dan Eceran (PUJLE).

“Ini untuk memberikan kepastian akan ketersediaan dan keterjangkauan harga minyak goreng bagi seluruh lapisan masyarakat. Penggunan aplikasi PeduliLindungi berfungsi menjadi alat pemantau dan pengawasan di lapangan untuk memitigasi pontesi penyelewengan yang dapat menyebabkan terjadinya kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng,” papar Luhut.

Luhut berharap dengan diberlakukannya aturan seperti ini distribusi bisa berjalan hingga ke level terbawah. Namum proses ini masih membutuhkan waktu dan tentunya bersabar dalam menunggu hasilnya. Semua dilakukan bersama dengan kementerian dan lembaga terkait masalah mengurai minyak goreng.

Penulis : Dwi Agma Hidayah

Share :

Baca Juga

Brosur daftar harga los dan kios Pasar Beringin

Ekonomi

Wow.. Harga Kios Investor Pasar Beringin
Dodol Nanas GPR Sambas

Ekonomi

Dodol Nanas Gapura, Bikin Anda Ketagihan
Panen Raya Padi

Ekonomi

Sambas Lumbung Padi Kalimantan Barat
pontianak-times.co.id

Ekonomi

Emas Kalbar Primadona Tapi Simalakama
Bantuan Beras

Ekonomi

Airlangga Temu Wicara Penerima Bantuan Beras
spanduk tolak revitalisasi pasar

Ekonomi

Massa Gabungan Kepung Pemkot Singkawang
pontianak-times.co.id

Ekonomi

HIPMI Dukung RSI Garap Agrobisnis Nilam
Kunjungan Staf Ahli Mentri BUMN

Ekonomi

PLN Dukung UMKM Kalimantan Barat
error: Content is protected !!