Home / Infrastruktur

Kamis, 8 Desember 2022 - 12:58 WIB

Yuk Intip Telehandler Ditsamapta Kalbar

Kendaraan taktis (Rantis) Telehandler Multiguna yang digunakan Direktorat Samapta Polda Kalbar

Kendaraan taktis (Rantis) Telehandler Multiguna yang digunakan Direktorat Samapta Polda Kalbar

Pontianak. Ditsamapta Polda Kalbar mendapat kiriman kendaraan taktis (Rantis) Telehandler Multiguna dari Korps Sabhara Polri, Kamis (8/12/2022).

Rantis jenis ini sangat efektif menghalau kerumunan massa ketika terjadi demonstrasi atau unjuk rasa. Dalam kondisi lain, telehandler ini dapat digunakan untuk mengevakuasi material padat reruntuhan ketika penanggulangan bencana.

Penasaran seperti apa Rantis Telehandler ini? Berikut spesifikasi kendaraan hasil modifikasi yang dirancang agar multiguna.

Sesuai namanya, Telehandler adalah mesin pengangkat hidrolik yang digunakan untuk membawa dan menempatkan material atau barang. Konsep awalnya sebuah traktor bermesin diesel yang dilengkapi forklip, cranedan back hoe atau sekop dengan ban sebagai penggerak.

Baca juga:  Akhirnya Harisson Jadi Sekda Kalbar

Rantis jenis ini memiliki bobot kosong 9 ton dengan mesin diesel berkapasitas rated power (daya rata-rata) 76 kw/2200 r/min. Buatan China dengan kode produksi Yunei YN38GBZ ini terhubung dengan sistem hidrolik dan elektrik.

Pada bagian depan Rantis terdapat tameng dari plat baja yang memiliki lebar 8 meter dan tinggi 3 meter. Fungsi plat ini layaknya tameng yang biasa dipakai personil Sabhara untuk membuat barikade penyekat massa. Tentu saja lengkap dengan area tameng yang tembus pandang pada bagian atas.

Telehandler multiguna dapat menampung dua orang untuk driver dan co-driver yang bisa bertugas sebagai operator pengeras suara di ruang rantis bagian belakang. Rantis ini juga lengkap dengan kamera 360 derajat.

Baca juga:  Tulisan Terakhir Aswandi, Tokoh Pendidik

Rantis Telehandler Multiguna memiliki performa kecepatan maksimum hingga 28 km/jam, dengan kapasitas tangki BBM jenis solar 95 liter solar. Rantis ini tidak dapat dipergunakan untuk perjalanan jarak jauh sehingga memerlukan kendaraan penangkut untuk mencapai lokasi.

Direktur Samapta Poda Kalbar, KombesĀ  Pol Permadi Syahid Putra SIK MH menjelaskan kendaraan taktis tersebut sebagai sarana penunjang personel dalam bertugas. Selain itu pula untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya terkait tugas-tugas kemanusiaan.(edo/rdo)

Share :

Baca Juga

Proyek Waterfront Sambas

Infrastruktur

Ambruk, Waterfront Sambas Salah Teknis
Andi Widjajanto

Infrastruktur

Indonesia Perlu Pasukan Khusus Siber
wisata arung jeram Sergai

Infrastruktur

Jaga Lokasi Wisata Sungai Bah Bolon Sergai
Jalan Desa Serindang

Infrastruktur

Jalan Desa Serindang Tebas Rusak Parah
Kondisi Jalan Perigi Piai

Infrastruktur

Jalan Akses Dermaga Perigi Piai Rusak Parah

Infrastruktur

5 Desa di Meliau, Puluhan Tahun Tanpa Listrik
Titik Nol dan Gapura Baru Perbatasan

Infrastruktur

Gapura Baru Batas Temajuk dan Malaysia
jalan rusak

Infrastruktur

Jalan Masuk RSUD Rubini Membahayakan
error: Content is protected !!