Home / Edukasi

Selasa, 9 Mei 2023 - 17:49 WIB

Warga Antusias Berlatih Tajwid dan Rasm

Warga antusias megikuti pelatihan Tajwid dan Rasm, Selasa (9/5/2023) di Pondok Kite Danau Sebedang

Warga antusias megikuti pelatihan Tajwid dan Rasm, Selasa (9/5/2023) di Pondok Kite Danau Sebedang

Sambas. Warga antusias mengikuti pelatihan pemantapan tajwid bacaan Alquran dan pengenalan Rasm Ustmani, Selasa (9/5/2023) di Pondok Kite, Danau Sebedang Kecamatan Sebawi.

Pelatihan itu diselenggarakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sambas bekerjasama Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Sambas, menghadirkan Ustadz Muhammad Ikhsan Nur, mentor dari Malaysia.

Melalui pelatihan ini, peserta diharapkan mengetahui dan menerapkan kaidah-kaidah dalam membaca Alquran. Selain itu, peserta juga dapat mengetahui Rasm atau penulisan batang tubuh sebuah tulisan arab berupa susunan huruf yang membentuk sebuah kata. Rasm Utsmani adalah cara penulisan yang bersumber pada cara penulisan pada zaman khalifah Utsman

Baca juga:  Pengda APHTN-HAN Kalbar Resmi Dilantik

Menurut Ketua DPD BKPRMI Kabupaten Sambas Romi, kegiatannya memang berbeda dari biasanya di gedung. “Namun ini dalam suasana terbuka, dengan pemandangan yang alam,” kata Romi.

Pelatihan tersebut, kata Romi, mendapat antusias masyarakat. Target awal 50 orang, menjadi lebih dari target sekitar 60 orang. “Dengan tingginya antusias masyarakat ini, maka kami akan kembali menggelar pelatihan pemantapan tajwid untuk peserta yang belum mendapatkan pelatihan,” ujarnya.

Menurut Romi, rencananya 27 Mei 2023 kembali akan diaksanakan karena permintaan dari peserta cukup banyak. Pelatihan ini diharapkan bisa memberikan motivasi kepada para pemuda untuk lebih mengenal tajwid, sehingga menambah ilmu bagi mereka.

Baca juga:  Dafa Mumtaz Qori Terbaik MTQ XXX Kalbar

Wakil Sekretaris MUI Sambas, Suadeoni berharap kerjasama antara organisasi keagamaan ini akan terus terjalin dan mewujudkan masyarakat yang berkualitas untuk memperoleh keridhaan Allah SWT.

“Harapan kita, kerjasama antara MUI dan BKPRMI ini akan terus terjalin untuk kegiatan lainnya. Semoga pelatihan ini berjalan lancar dan sukses,” harap Suadeoni.

Penulis: Yanra I Update Berita, Follow Google News

Share :

Baca Juga

Muhammad Khusyairi

Edukasi

SMSI Kalbar Segera Gelar Diskusi Literasi Beretika
Kampus Universitas Indonesia. foto: dokumen web UI

Edukasi

Universitas Indonesia Menanggung Malu
SUPM Pontianak

Edukasi

Tindak Tegas Oknum SUPM Pontianak
1 Muharram 1445 H

Edukasi

Anjuran Amalan Terbaik di Bulan Muharram
Bagi Takjil

Edukasi

PMII Komisariat STAIM Bagi Takjil
Brigjen Antoninho

Edukasi

Dialog Interaktif Cegah Intelijen Lawan
Maman dan Pengurus Masjid Alfurqon Mempawah

Edukasi

Kupas Ayat 261, Pertama Maman di Mimbar
Tabligh Akbar Maulid Nabi

Edukasi

Ribuan Jamaah Hadir Tabligh Maulid di Mujahidin Pontianak
error: Content is protected !!